Selasa 07 May 2019 12:58 WIB

Ini Klub Eropa yang tak Terkalahkan Sampai Akhir Musim

Musim PAOK akan kian sempurna jika meraih trofi Piala Yunani pekan depan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Skuat PAOK
Foto: EPA/TATYANA ZENKOVICH
Skuat PAOK

REPUBLIKA.CO.ID, MAKEDONIA -- Mengobati kegagalan musim lalu, PAOK

Thessaloniki membuktikan diri dengan baik musim ini. Usai mengunci gelar Liga Super Yunani dalam pertandingan ke-29, dengan kemenangan 5-0 dari Levadiakos, PAOK tak berhenti di sana.

Tim berjuluk Double-Headed Eagle itu membuktikan diri sebagai salah satu tim paling sukses di Yunani dengan menjuarai Liga Super Yunani tanpa menelan satu kekalahan pun.

Kemenangan 2-0 atas Giannina, membuat PAOK memperoleh 26 kemenangan dan empat kali imbang dalam 30 pertandingan sepanjang musim 2018/2019, dan yang pertama sejak 1964. Pada musim 1963/1964, Panathinaikos menjadi juara Liga Yunani dengan mencatatkan 24 kemenangan dan enam hasil imbang dalam 30 pertandingan, serta membukukan 84 poin untuk memenangkan liga dengan selisih tujuh poin.

Sejak itu, tidak ada tim yang bisa mengulangi prestasi tersebut. Tetapi PAOK dapat menciptakan sejarah tersebut saat melawan PAS Giannina Ahad (5/5). Otak di balik kesuksesan tersebut adalah pelatih asal Romania, Razvan Lucescu. Sang pelatih pun mengaku sangat bangga kepada semua orang yang ada di dalam tim hingga manajemen klub PAOK yang dinilainya sangat kompak selama musim ini.

''Saya sangat senang memuaskan penggemar kami. Kami sangat menginginkan ini. Kami berjuang untuk ini sepanjang musim. Itu jauh dari kata mudah, apalagi dimulai dengan minus 2 poin. Kami tetap bersatu mencapai rekor luar biasa ini,'' ujar Lucescu dikutip dari laman resmi klub, Selasa (7/5).

Menurut Lucescu, para pemainnya akan terus mengenang momen yang selama puluhan tahun tak terpecahkan. Ia juga mengaku sangat emosional dengan prestasi tersebut, bukan hanya membawa PAOK juara liga, tapi juga memecahkan rekor tak terkalahkan. Bahkan, PAOK dapat kembali mencatatkan musim terbaik jika menang dalam final Piala Yunani pekan depan melawan AEK Athens.

Lucescu tak ingin kehilangan fokus untuk bisa memenangkan gelar Piala Yunani guna membuat kariernya semakin bersinar. ''Saya dapat mengatakan, saya menganggap musim ini sebagai yang paling penting dalam karier saya,'' kata dia.

Bicara soal momen paling penting musim ini, Lucescu menyebutkan kemenangan tandang atas Olympiakos. Sebab setelah empat pertandingan berjalan, PAOK tak dapat menyusul Olympiakos. Sehingga kemenangan itu menjadi titik balik timnya untuk terus melaju secara positif. Setelah ini, tekadnya adalah dapat memenangkan liga untuk musim kedua berturut-turut dan memenangkan Piala Yunani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement