Rabu 29 May 2019 13:00 WIB

Eks Kapten Barcelona Ini Resmi Jadi Pelatih Al Sadd

Xavi menargetkan suatu saat nanti ia bakal kembali ke Camp Nou untuk melatih Barca.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Xavi Hernandez
Foto: EPA/MARCUS BRANDT
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Mantan pemain tengah sekaligus kapten klub Barcelona, Xavi Hernandez, secara resmi ditunjuk sebagai pelatih baru di kesebelasan asal Qatar, Al Sadd. Legenda Barca itu dilaporkan bakal diikat kontrak selama dua tahun ke depan.

"Xavi memperpanjang kontraknya dan akan bertahan dengan klub selama dua tahun ke depan. Xavi akan mengambil alih jabatan kepala pelatih awal musim depan," tulis pernyataan resmi klub, Rabu (29/5).

Nantinya, Xavi akan menggantikan peran pelatih terdahulu Jesualdo Ferreira. Sebelumnya, Ferreira sukses membawa Al Sadd menjuarai Liga Qatar.

Saat mengumumkan gantung sepatu dari dunia lapangan hijau, Xavi sedianya sudah mengatakan recana selanjutnya adalah mengambil tugas sebagai seorang arsitek tim sepak bola.

Bahkan, pria berusia 39 tahun tersebut menargetkan suatu saat nanti ia bakal kembali ke Camp Nou dan menjabat sebagai pelatih utama di kesebelasan yang membesarkan namanya.

"Ide saya adalah mulai mengelola di sini, di Qatar, untuk mendapatkan pengalaman. Ini akan mengatur saya untuk kembali ke sepak bola Eropa dan semoga saja itu Barcelona," jelas Xavi kepada EFE disadur Marca.

Xavi merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Negeri El Matador, Spanyol. Dirinya telah membuat penampilan sebanyak 757 kali dengan catatan 85 gol, pun memenangi 25 gelar bagi Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement