Ahad 07 Jul 2019 01:32 WIB

Kalahkan Inggris, Swedia Rebut Juara Tiga Piala Dunia 2019

Timnas wanita Swedia berhasil kalahkan Inggris dengan skor 2-1.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Teguh Firmansyah
Timnas wanita Inggris.
Foto: REUTERS/Erich Schlegel USA TODAY Sports
Timnas wanita Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Tim nasional (timnas) sepak bola wanita Swedia berhasil merebut juara tiga Piala Dunia 2019 setelah mengalahkan Inggris dengan skor tipis 2-1 di Stade de Nice, Sabtu (6/7). Ini menjadi yang pertama kali negara Skandinavia itu meraih gelar di kompetisi kelas dunia.

Di awal pertandingan,  Swedia yang kurang diunggulkan justru langsung menekan lawan.  Pelatih Swedia Peter Gerhardsson melancarkan formasi 4-3-3 dengan pola serangan dari sisi sayap. Trisula Fridolina Rolfo, Stina Blackstenius , dan Sofia Jakobsson menjadi tumpuan armada Swedia.

Baca Juga

Sementara Inggris yang berstatus juara ketiga edisi piala dunia sebelumnya, juga memasang formasi yang sama. Sang pelatih, Phillip Neville mengandalkan Nikita Parris, Ellen White, dan Beth Mead sebagai ujung tombak.

Strategi menyerang sejak awal kreasi Swedia terbukti berhasil. Gelandang serang Swedia, Kosovare  Asllani berhasil memanfaatkan momentum lawan yang tumbang karena cedera. Sontekannya berhasil menjebol gawang Carly Telford di menit ke-11.

Beberapa kali mendapat perlawanan sengit, Swedia justru semakin beringas  dengan menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran Sofia Jakobsson yang datang dari sisi kanan untuk menyumbang gol dan membuat pendukung Swedia bersorak.

Di pertengahan babak pertama, Inggris mendapat angin segar  setelah Fran Kirby berhasil  memangkas  defisit gol menjadi 1-2. Selang beberapa saat, Fran Kirby kembali menceploskan bola ke dalam gawang Swedia. Sayangnya, wasit memutuskan menganulir gol tersebut karena menurut VAR, bola lebih dulu mengenai tangan Kirby. Skor bertahan hingga turun minum dengan kekalahan Inggris.

Beralih ke babak kedua, kedua tim tak mengganti formasi untuk menumbangkan satu sama lain. Swedia masih mencoba memperlebar keunggulan dengan melancarkan serangan demi serangan dari sisi kiri dan kanan. Sementara Inggris, cenderug mennggunakan umpan-umpan panjang untuk mengalirkan bola langsung ke depan.

Di atas kertas, Inggris unggul dalam segi penguasaan bola yang mencapai  54 persen. Sedangkan Swedia, domina dari segi tendangan yang tepat ke arah gawang lawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement