Selasa 24 Sep 2019 14:08 WIB

Ini Tim Terbaik Sepak Bola Wanita FIFA 2019

Para pemain timnas wanita Amerika Serikat mendominasi skuat terbaik tersebut.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Timnas putri AS merayakan kemenangannya di Balai Kota setelah Parade Ticker Tape, Kamis (11/7), di New York. Timnas putri AS mengalahkan Belanda 2-0 di Piala Dunia Wanita.
Foto: AP
Timnas putri AS merayakan kemenangannya di Balai Kota setelah Parade Ticker Tape, Kamis (11/7), di New York. Timnas putri AS mengalahkan Belanda 2-0 di Piala Dunia Wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah memutuskan 11 pemain dalam tim terbaik wanita 2019. Pesepak bola kaum Hawa itu adalah Sari van Veenendaal; Lucy Bronze, Nilla Fischer, Kelley O’Hara, Wendie Renard; Julie Ertz, Amandine Henry, Rose Lavelle; Marta, Alex Morgan, Megan Rapinoe.

Berikut adalah profil singkat para pemain sepak bola tersebut:

- Sari van Veenendaal. Ia boleh kecewa karena gagal membawa Belanda juara Piala Dunia Wanita, setelah dikalahkan Amerika Serikat. Namun, penampilannya di Prancis pada 2019 membuatnya mendapatkan penghargaan adidas Golden Glove karena membela Arsenal dengan sangat baik. Musim ini dirinya pindah ke Atletico Madrid.

- Lucy Bronze. Pemain internasional Inggris yang membela Lyon ini bukan yang pertama kalinya masuk dalam tim terbaik FIFA. Pada 2017, pemain berusia 27 tahun ini juga pernah masuk setelah tampil impresif bersama Manchester City. Ia mendapatkan Silver Ball saat Piala Dunia Wanita lalu.

- Nilla Fischer. Pemain berusia 35 tahun ini menjadi sosok yang paling banyak dibicarakan di Swedia. Bek tengah tim nasional wanita Swedia tersebut membawa Swedia sampai ke semifinal Piala Dunia 2019.

- Kelley O’Hara. Pemain asal Amerika Serikat ini membawa tim nasionalnya menjuarai Piala Dunia dua kali beruntun. Sosok berusia 31 tahun ini juga pernah membawa Amerika meraih medali emas pada Olimpiade 2012.

- Wendie Renard. Bek tengah Lyon ini jelas merupakan sosok penting di klub, dengan selalu membawa timnya juara Liga Prancis Wanita sejak 2006. Pemain internasional Prancis itu juga pernah masuk dalam tim terbaik FIFA pada 2015 dan 2016.

- Julie Ertz. Pemain Chicago Red Star ini telah masuk dalam skuat yang membawa Amerika Serikat juara Piala Dunia dua kali beruntun di Kanada dan Prancis.

- Amandine Henry. Pemain Lyon ini mengantarkan klubnya menjuarai Liga Chamipions Wanita lima kali dan Liga Prancis 11 kali. Pemain berusia 29 tahun itu telah 83 kali tampil untuk Prancis dan mencetak 11 gol.

- Rose Lavelle. Debutnya bersama Amerika Serikat di Piala Dunia dengan mencetak gol, cukup menarik perhatian. Pemain berusia 24 tahun itu pun mendapatkan Bronze Ball dalam Piala Dunia Wanita 2019 tersebut.

- Marta. Sosok berusia 33 tahun ini menjadi salah satu striker paling tajam dalam sepak bola wanita. Pemain internasional Brasil itu telah mencetak 112 gol dalam 147 penampilan bersama tim nasional.

- Alex Morgan. Striker Amerika Serikat, ini mematahkan dua rekor dalam Piala Dunia 2019, dengan mencetak lima gol dalam satu pertandingan, saat AS membantai Thailand 13-0. Ia juga pemain pertama yang mencetak gol saat ulang tahunnya pada Piala Dunia lalu. Morgan menjadi top skorer dalam Piala Dunia, namun kalah waktu dengan rekan setimnya, Rapinoe.

- Megan Rapinoe. Sosok kontroversi ini menjadi pemain terbaik wanita 2019. Kapten Amerika Serikat ini membawa timnya juara dua kali beruntun pada Piala Dunia. Ia menjadi top skorer pada Piala Dunia lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement