Kamis 21 Nov 2019 07:28 WIB

Grup Neraka Berpeluang Tercipta di Euro 2020

Undian grup Euro 2020 akan dihelat pada 30 November nanti.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Euro 2020
Foto: www.lay-out.gr
Euro 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup neraka berpeluang tercipta pada putaran final Euro 2020. Sebab ada beberapa tim kuat yang tak masuk dalam pot unggulan karena performa yang tak mentereng sepanjang kualifikasi.

Italia misalnya resmi melangkah ke putaran final Euro 2020 setelah berhasil menuntaskan babak kualifikasi sebagai pemimpin Grup J. Gli Azzurri nantinya masuk pot unggulan satu untuk hajatan sepak bola terbesar di Benua Biru, meskipun hanya mencapai perempat final Euro 2016 dan tak lolos ke Piala Dunia 2018. Undian grup Euro 2020 akan dihelat pada 30 November nanti.

Baca Juga

Namun penentuan enam tim unggulan teratas adalah dari hasil yang dicapai sebuah tim di fase kualifikasi, dilansir dari Football Italia, Kamis (21/11). Sepanjang gelaran kualifikasi kemarin, Italia memenangkan 10 pertandingan dari 10 laga yang dijalankan.

Alhasil, pasukan Roberto Mancini finis di urutan pertama dengan mengemas perolehan angka 30. Sedangkan, di posisi kedua diisi Finlandia yang berhasil mengantongi nilai 18 unggul empat poin atas timnas Yunani di kursi ketiga.

Pada pot unggulan, Italia bersanding dengan Ukraina, Jerman, Belgia, Inggris, dan Spanyol. Sementara Prancis yang juara dunia dan Portugal yang berstatus juara bertahan Eropa harus rela melepas status unggulan dan menghuni pot kedua dan ketiga.

Prancis bergabung dengan Swiss, Kroasia, Polandia, Belanda, dan Rusia. Sementara, Portugal yang terpaksa menghuni pot ketiga sejajar dengan Denmark, Swedia, Austria, Republik Ceska, dan Turki. Italia berpeluang masuk dalam grup neraka di mana bila bertemu terundi dengan Prancis dan Portugal. 

Putaran final Euro 2020 digelar di 12 kota di 12 negara berbeda dan akan dimulai di Roma pada 12 Juni 2020. Namun, sebelum bergulir UEFA bakal lebih dahulu menggelar babak play-off bagi 16 kontestan lain untuk memperebutkan empat tiket lolos ke putaran final.

Pot 1

Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Ukraina

Pot 2

Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia

Pot 3

Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Republik Ceska

Pot 4

Wales, Finlandia, pemenang Play-off A, pemenang Play-off B, pemenang Play-off C, pemenang Play-off D

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement