Ahad 02 Feb 2020 02:35 WIB

NSH Beri Kekalahan Kedua Indonesia Patriots di IBL Pertamax

NSH tampil impresif saat menaklukkan Indonesia Patriots 93-89.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Indonesia Patriots Brandon Jawato berusaha mencetak angka saat melawan NSH Jakarta.
Foto: EPA-EFE/LYNNE CAMERON
Pemain Indonesia Patriots Brandon Jawato berusaha mencetak angka saat melawan NSH Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- NSH Jakarta melanjutkan tren positif mereka di kompetisi IBL Pertamax 2020. NSH tampil impresif saat menaklukkan Indonesia Patriots 93-89 dalam pertandingan Seri III IBL Pertamax 2020 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (1/2). 

Ini merupakan kekalahan kedua Indonesia Patriots, nama timnas basket putra yang berlaga di IBL Pertamax. Sebelumnya tim asuhan Rajko Toroman dipermalukan Pelita Jaya Bakrie 64-73 pada seri pembuka di Semarang.

Baca Juga

Indonesia Patriots yang dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi FIBA Asia 2021 menurunkan starter Kaleb Ramot Gemilang,  Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, Kevin Yonas Sitorus, dan Lester Prosper. NSH tampil dengan Michael Glover, Lutfi Koswara, Andre Rorimpandey, Jordan Madrid Andrews, dan Widyanta Putra Teja.

Lima menit awal, NSH mampu mengimbangi Patriots dan membagi angka sama 10-10, bahkan kuarter pertama akhirnya ditutup untuk keunggulan NSH 23-19.

Kuarter kedua Patriots bangkit dan langsung memimpin lima menit awal 38-34 dan menutup babak pertama dengan keunggulan 49-43. Brandon Jawato sudah mencetak 17 angka dan Prosper menyumbang 10 angka di babak pertama. Di kubu NSH,  Glover membuat 17 poin dan Dashaun Wiggins mengemas 10 poin.

Perlawanan ketat terus diberikan NSH pada kuarter ketiga. Mereka hanya tertinggal tiga angka 67-64 menutup kuarter ini. Pada kuarter terakhir tembakan tiga angka Lutfi membuat Patriots unggul sangat tipis 70-69. Glover membuat angka sama 71-71, namun tiga poin Prastawa menjadikan angka 74-71 sebelum Rorimpandey dan tiga angka dari Glover membuat NSH berbalik unggul 76-75. 

Arki membuat Patriots unggul 78-76, namun Glover menyamakan bahkan kembali membuat NSH unggul 80-78 saat waktu tersisa 3:57 menit.

Tembakan tiga angka Jawato menyamakan kedudukan 82-82. Tersisa dua menit, skor sama 84-84. Tembakan tiga angka Lutfi membuat NSH memimpin 87-84 pada waktu tersisa semenit. Three point play Prosper menyamakan angka 87-87. 

Laga menjadi menegangkan ketika tiga poin Lutfi saat waktu tersisa 18 detik membuat NSH memimpin 90-87. Kubu NSH bersorak kegirangan, sementara coach Toro mengambil time out untuk membuat pola serangan menyamakan skor.

Alih-alih menyamakan skor, lemparan kedalam Prastawa berhasil dicuri Widyanta Putra Teja yang membuat Lester terpaksa melakukan foul kelima dan keluar lapangan. Penguasaan bola kemudian beralih ke NSH.

Pelanggaran dari Indonesia Patriots membuat Dashaun mendapatkan lemparan bebas dan memaksimalkan keduanya untuk membuat NSH memimpin 92-87. Prastawa kemudian mencetak angka ketika waktu tersisa 3,6 detik 92-89, dan pemain Indonesia Patriots melanggar Glover untuk menjaga asa tipis menyamakan skor. Tapi satu dari dua lemparan bebas Glover yang masuk membuat NSH tak terkejar dan menang 93-89. 

Kemenangan ini membuat NSH naik ke peringkat ketiga klasemen sementara IBL Pertamax 2020. Tim asuhan Antonius Ferry Rinaldo mengemas empat kemenangan dan dua kali kalah, sama dengan Satria Muda Pertamina di posisi kedua.

photo
Klasemen sementara IBL Pertamax 2020

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement