Kamis 14 May 2020 06:10 WIB

Klopp: CR7 Atlet Sempurna, tapi Messi Punya Magis

Klopp menyukai Messi, namun akui Ronaldo lebih hebat.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Cristiano Ronaldo (kanan) dan Lionel Messi
Foto: Jon Super/AP Photo
Cristiano Ronaldo (kanan) dan Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID,MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memilih Lionel Messi daripada Cristiano Ronaldo. Meski demikian, Klopp menilai megabintang Juventus itu mendekati kesempurnaan sebagai pesepak bola. 

Klopp mengakui, kedua pemain itu berdampak signifikan terhadap dinamika sepak bola dunia selama satu dekade lebih. Ia membuktikan, Messi dan Ronaldo sudah merebut 11 dari 12 Ballon d'Or. 

Klopp memuji kualitas fisik Ronaldo, tapi ia lebih tertarik menyaksikan magis Messi ketika mengolah si kulit bundar. 

"Saya pilih Messi, tapi saya juga menyukai Ronaldo. Saya sudah pernah menghadapi mereka dan memang sangat sulit dilawan," kata Klopp dikutip dari Standard, Kamis (14/5).

"Messi memang memiliki kualitas fisik yang lebih rendah, sementara Ronaldo mampu lompat tinggi, berlari cepat dan memiliki profesionalitas dan etika yang baik," ujar dia. 

"Tapi Messi membuat segalanya menjadi lebih mudah, hal itu yang membuat saya lebih menyukainya sebagai pemain," ucapnya. 

Ia mengakui, memilih antara Ronaldo dengan Messi merupakan hal sulit karena keduanya sudah menancapkan jejak yang akan diingat dalam dunia sepak bola.

"Ada juga talenta muda lain yang memiliki potensi serupa, tapi untuk saat ini Messi-Ronaldo adalah yang paling menakjubkan," kata dia.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement