Senin 18 May 2020 13:49 WIB

Faktor Usia Dinilai Jadi Penyebab Mundurnya Owi

Banyak sikap positif yang ditunjukkan Owi selama masih aktif bermain.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir.
Foto: Humas PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraih medali emas Olimpiade 2016 untuk Indonesia, Tontowi Ahmad (berpasangan dengan Liliyana Natsir), memutuskan untuk mengundurkan diri dari bulu tangkis profesional. Pengunduran diri itu disampaikannya dalam akun Instagram miliknya pada Senin (18/5).

Pengamat dan juga komentator bulu tangkis Indonesia, Daryadi ketika dihubungi Republika.co.id, Senin (18/5), menjelaskan, faktor usia menjadi salah satu alasan mundurnya Owi dari dunia bulu tangkis profesional.

Baca Juga

"Faktor bertambahnya usia sepertinya yang tidak bisa dicegah Owi. Kalau dipaksakan juga berat karena dia butuh partner solid yang tidak perlu diajarin lagi," kata Daryadi.

Tontowi memang sudah tidak muda lagi. Pemain kelahiran Banyumas yang pernah menempuh pendidikan di pesantren itu pada 18 Juli mendatang akan berusia 33 tahun.

"Apalagi status dia di pelatnas diturunkan jadi pemain magang dan hanya dibiayai turnamen minim. Selebihnya harus bayar sendiri. Itu yang kayaknya Owi tidak mau spekulasi terus lanjut," jelas Daryadi yang juga founder Majalah Bulutangkis

Daryadi menilai banyak sikap positif yang ditunjukkan spesialis ganda campuran itu selama aktif menjadi pemain. "Owi itu pekerja keras dan rendah hati. Dia juga pemain yang ramah sama teman-teman media," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement