Ahad 24 May 2020 22:05 WIB

Ini Cara Mike Tyson Akali Tes Narkoba

Tyson menggunakan urine orang lain pada saat pemeriksaan menjelang pertarungan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Mike Tyson
Foto: HBO
Mike Tyson

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Legenda tinju kelas berat dunia, Mike Tyson mengaku pernah melakukan tindakan ilegal selama karier profesionalnya. Ia menggunakan urine orang lain untuk menyembunyikan bukti penggunaan narkoba sebelum pertandingan. 

Dalam buku autobiografinya yang berjudul 'Undisputed Truth', pemegang rekor jawara tinju kelas berat termuda itu mengaku sudah memakai narkoba sejak masih sangat belia.

Baca Juga

"Saya merupakan pecandu kokain," kata Tyson, yang mengungkapkan mulai menyentuh barang haram tersebut sejak usia 11 tahun. 

"Sejarah perang ibarat sejarah narkoba. Semua jenderal memulai kariernya dalam keadaan dipengaruhi narkoba," ujar dia, seperti dilansir Talk Sports, Ahad (24/5).

Kecanduan Tyson akan narkoba pun berbuah petaka. Pada tahun 2000 silam, ia pernah ditangkap polisi karena positif mengonsumsi marijuana. Dia mendapat sanksi denda 200 ribu dollar AS akibat perilakunya. 

Namun, ia berkali-kali berhasil lolos karena menggunakan berbagai cara untuk menyembunyikan kebiasaannya.  Tyson mengungkapkan, sebelum bertanding ia biasa membawa alat kelamin lelaki palsu dan mengisinya dengan urine orang lain agar tidak terdeteksi positif narkoba. 

Pada 2004 lalu, saat si Leher Beton dikalahkan Danny Williams, Tyson mengaku bertanding di bawah pengaruh kokain. Dalam konferensi pers dalam laga kontra Lennox Lewis, ia juga berbicara setelah memakai narkoba. 

Hingga akhirnya pada 2009, ia menyatakan sudah lepas dari ketergantungan narkoba dan menerapkan diet vegan sebagai gaya hidupnya. 

"Hidup saya berbeda sekarang karena menjaga keseimbangan. Saya tidak memakai narkoba, tidak keluar jalan dan diskotek. Hidup saya sekarang lebih teratur demi perkembangan diri sendiri dan keluarga," ujarnya kepada Oprah Winfrey, 2013 lalu. 

"Berat badan saya turun hingga 50 kg, dan merasa hidup saya sangat berbeda ketika menjadi vegan," ucapnya. 

Menjadi vegan memberi Tyson kesempatan hidup sehat. Sebelumnya, ia pernah sempat kesulitan bernapas, menderita tekanan darah tinggi, dan hampir meninggal.

Tyson, yang kini berusia 53 tahun, kembali menyita perhatian setelah mengunggah video latihan melalui akun Instagram pribadinya. Seraya berkata "saya kembali", mengisyaratkan bakal kembali naik ring. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement