Jumat 19 Jun 2020 09:05 WIB

Timnya Dibantai Madrid, Pelatih Valencia: Wasit Keliru

Valencia sempat unggul lebih dulu tapil gol dianulir wasit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penyerang Valencia Rodrigo Moreno melakukan selebrasi sebelum mengetahui golnya dianulir oleh wasit ketika menghadapi Real Madrid pada lanjutan La Liga Spanyol 2019/2020, Jumat (19/6).
Foto: Dok. AP
Penyerang Valencia Rodrigo Moreno melakukan selebrasi sebelum mengetahui golnya dianulir oleh wasit ketika menghadapi Real Madrid pada lanjutan La Liga Spanyol 2019/2020, Jumat (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Valencia akhirnya harus pulang dengan tangan hampa usai lawatan ke kandang Real Madrid dalam laga terakhir pada jornada ke-29 La Liga, Jumat (19/6) dini hari WIB. Los Che dibekap Los Blancos, 3-0, dalam laga yang dihelat di Stadion Alfredo Di Stefano tersebut.

Kendati begitu, bukan berarti, Los Che tanpa perlawanan. Bahkan, Valencia sebenarnya mampu unggul terlebih dulu dibanding tim tuan rumah. Adalah penyerang asal Spanyol, Rodrigo Moreno, yang mampu menggetarkan jala gawang Madrid pada menit ke-21.

Namun, gol itu dianulir wasit setelah melakukan tinjauan via Video Assistant Referee (VAR). Wasit menilai Maxi Gomez telah berdiri di posisi offside sebelum mengirimkan umpan ke Rodrigo.

Pelatih Valencia, Albert Celades, pun menyebut, keputusan wasit ini akhirnya mengubah jalannya laga secara keseluruhan.

''Tentu itu menjadi keputusan yang tidak adil buat kami. Keputusan itu akhirnya menentukan nasib pertandingan ini,'' kata Celades seusai laga seperti dikutip Marca, Jumat (19/6).

Mantan gelandang bertahan timnas Spanyol itu mengungkapkan, dari segi teknik, anak-anak asuhnya sebenarnya mampu mengimbangi permainan Los Blancos, terutama pada babak pertama. Di sepanjang babak pertama, Los Che sukses meredam permainan Madrid.

Tidak hanya itu, Valencia juga beberapa kali mendapatkan peluang emas. Namun, hingga babak pertama usai, skor tetap imbang tanpa gol. Petaka buat Valencia datang pada menit ke-61, saat penyerang Real Madrid, Karim Benzema, mampu mencetak gol.

Kegagalan Valencia tampil ciamik pada paruh kedua dan mengulangi penampilan apik seperti pada babak pertama akhirnya harus dibayar mahal dengan kegagalan membawa pulang poin dari markas Madrid tersebut.

''Sebenarnya kami mengawali laga dengan baik. Tendangan Rodrigo sempat membentur mistar, dan ada satu gol yang dianulir. Namun, setengah jam terakhir laga benar-benar terasa lama. Kami tidak bisa mengembalikan level permainan seperti pada babak pertama. Setelah mereka mencetak gol pertama, performa kami terus kedodoran. Inilah yang membuat kami kehilangan raihan poin di laga ini,'' tutur Celades.

Atas hasil ini, posisi Valencia di papan klasemen sementara pun melorot hingga ke peringkat kedelapan. Los Che kian menjauh dari persaingan perebutan empat besar atau satu tiket tampil di Liga Champions musim depan. Hanya mengumpulkan 43 poin dari 29 laga, Valencia terpaut enam poin dari Atletico Madrid, yang bertengger di peringkat keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement