Jumat 24 Jul 2020 02:51 WIB

Panas ke Liga Europa

AC Milan, AS Roma, dan Napoli bersaing untuk mendapatkan tiket Liga Europa.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Para pemain AS Roma merayakan gol (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/RICCARDO ANTIMIANI
Para pemain AS Roma merayakan gol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Kompetisi Serie A Italia 2019/2020 telah memasuki pekan ke-35. Dengan tiga pertandingan tersisa perebutan tempat zona Liga Europa diprediksi bakal terus memanas hingga pengujung musim.

AC Milan sukses mempertahankan tren impresif saat meredam kekuatan Sassuolo 2-1, Rabu (22/7) dinihari WIB. Hasil positif itu juga diikuti AS Roma yang menaklukkan SPAL dengan skor telak 6-1 di Stadion Paolo Mazza, Kamis (23/7) dini hari WIB.

Baca Juga

Sayang nasib nahas justru menimpa Napoli, armada Gennaro Gattuso dipaksa menyerah 1-2 dari tuan rumah Parma yang berlangsung di Stadion Ennio Tardini. Hasilnya, Napoli keluar dari zona Liga Europa di klasemen sementara Liga Italia pekan ke-35.

I Partenopei merosot ke peringkat tujuh dengan mengoleksi angka 56. Tim asal selatan Italia digusur oleh Milan yang naik ke urutan keenam mengoleksi nilai 59, dan juga Roma di kursi kelima mengemas 61 poin. Hasil ketiga pertandingan tersebut memanaskan perebutan tiket Liga Europa pada tiga laga tersisa.

"Para pemain termotivasi untuk bermain dengan baik. Kami harus memastikan menang dalam pertandingan yang tersisa," jelas pelatih Roma Paulo Fonseca dilansir laman resmi klub.

Dalam lima pertandingan terakhir Giallorossi tak tersentuh kekalahan, mengemas satu hasil imbang dan empat kemenangan. Meski demikian, Fonseca menegaskan tugas mereka belum berakhir karena pada tiga laga mendatang Roma bakal menghadapi lawan sulit. I Lupi akan menghadapi Fiorentina, Torino, dan Juventus.

Pada pertandingan berbeda di Emilia-Romagna, pelatih Napoli Gennaro Gattuso merasa muak dengan hasil yang didapat anak asuhnya.

Rino, sapaan akrab Gattuso, mendesak Lorenzo Insigne dan kolega harus menetapkan fokus mereka kepada pertandingan kompetisi domestik, bukan memikirkan jelang leg kedua 16 besar Liga Champions versus Barcelona.

"Pikiran kami tidak bisa fokus pada Barcelona sekarang. Kami kebobolan banyak gol. Ini bukan tentang pemain bertahan kami, tetapi seluruh tim," kata Rino kesal.

Sebelumnya, penyerang gaek Milan, Zlatan Ibrahimovic menyatakan timnya sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Rossoneri bakal sekuat tenaga mempertahankan laju impresif ini sekaligus tampil di Eropa musim depan.

"Tim berkeja keras dan berhasil melakukan hal bagus. Ketika saya datang tim berada di papan tengah, namun kini kami mulai masuk ke papan atas. Jadi capaian ini tak buruk," kata Ibrahimovic.

Ibra boleh terlanjur percaya diri, sebab Milan memang menunjukkan grafik meningkat dengan tak terkalahkan dalam sembilan partai beruntun, dan meraih 23 poin dengan hanya bermain imbang dua kali dari SPAL, pun Napoli.

Pada tiga pertandingan tersisa Milan bisa dinilai lebih diuntungkan daripada dua rivalnya. Pasukan Stefano Pioli hanya menyisakan satu laga berat pada pekan ke-36 melawan Atalanta di Stadion San Siro. Adapun, dua partai selanjutnya Diavolo Rosso bertemu tim papan tengah Sampdoria di Stadion Luigi de Ferrari, sebelum menutup musim melawan Cagliari di markas sendiri. Sementara Napoli akan bentrok menghadapi Sassuolo, SS Lazio, dan Inter Milan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement