Rabu 30 Dec 2020 11:21 WIB

Tahan Imbang Barca, Pelatih Eibar: Untung tidak Ada Messi

Absennya Messi benar-benar mempengaruhi performa Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Barcelona Minguexza (kanan) dan Dest (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan penyerang Eibar asal Jepang Takashi Inui (kedua dari kanan).
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Para pemain Barcelona Minguexza (kanan) dan Dest (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan penyerang Eibar asal Jepang Takashi Inui (kedua dari kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Pelatih Eibar, Jose Luis Mendilibar, menyebut, timnya sedikit beruntung bisa mencuri satu poin dari lawatan ke markas Barcelona, Stadion Camp Nou, pada jornada ke-16 La Liga, Rabu (30/12) dini hari WIB. Keberuntungan terbesar Eibar, tutur Mendilibar, adalah absennya Lionel Messi di laga tersebut.

Pengoleksi enam gelar Ballon d'Or itu memang menjadi momok tersendiri buat pertahanan Eibar tiap kali berhadapan dengan Barcelona. Messi tercatat telah mencetak 20 gol dalam 11 laga terakhir kontra Eibar. Bahkan, pada paruh kedua La Liga musim lalu, Messi memborong empat gol saat Barca mencukur Eibar, 5-0, akhir Februari silam.

Namun, Messi tidak disertakan di skuad Barca dalam pertemuan pertama antara kedua klub di La Liga musim ini. Ujungnya, Eibar berhasil menahan imbang tuan rumah, 1-1, dan berhak membawa pulang satu poin dari Stadion Camp Nou. Mendilibar pun menyebut, hasil imbang ini lebih terasa seperti kemenangan buat tim asal Basque tersebut.

Maklum, di tiga lawatan terakhir ke Camp Nou, Eibar tidak pernah bisa meraih poin. ''Akhirnya, kami bisa memetik poin dari lawatan ke tempat ini. Torehan satu poin ini terasa seperti kemenangan besar. Mungkin, kami sedikit beruntung. Mereka gagal mengeksekusi tendangan penalti dan kami memanfaatkan semaksimal mungkin kesempatan kami,'' tutur Mendilibar seperti dilansir Marca, Rabu (30/12).

Mendilibar pun mengakui, absennya Messi benar-benar mempengaruhi performa Barcelona. Blaugrana, tutur pelatih asal Spanyol itu, kesulitan memecahkan kebuntuan tanpa kehadiran Messi di lini serang. Di titik ini, Mendilibar merasa beruntung dengan tidak adanya Messi di atas lapangan dalam laga tersebut.

''Mereka tidak menurunkan salah satu pemain terbaik di dunia. Mereka jelas benar-benar kehilangan Messi. Setiap kami datang ke sini, dia selalu mencetak sejumlah gol. Untungnya, dia tidak ada sebagai lawan kami di laga ini. Barcelona adalah tim yang sangat bagus, bahkan terbaik, tapi di laga ini, keberuntungan tidak berpihak kepada mereka,'' ujar Mendilibar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement