Sabtu 30 Jan 2021 22:58 WIB

AC Milan Aman di Puncak Serie A Usai Bekuk Bologna

AC Milan menaklukkan Bologna 2-1 di Stadion Renato Dall'Ara.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) beraksi saat melawan Bologna.
Foto:

Memasuki babak kedua, Bologna mencoba peruntungan pertama pada menit ke-46 lewat tembakan Soriano, tapi tendangan spekulasi tersebut dapat diblok oleh bek tengah Fikayo Tomori.

Tuan rumah terus menunjukkan hasrat mencetak gol balasan dengan terus menekan lebih dalam area pertahanan Milan. Namun Rossoneri bertahan disiplin.

Berselang dua menit, Rafael Leao memiliki peluang menyisir dari sisi kanan pertahanan Bologna, penyerang muda asal Portugal langsung melepas tembakan ke arah tengah gawang Bologna. Ibra yang sejatinya berdiri tanpa pengawalan terlihat kecewa dengan keputusan Leao. 

Ante Rebic kemudian mendapat kartu kuning pada menit ke-50 setelah mencoba menahan laju Riccardo Orsolini.

Milan menambah keunggulan lewat titik putih. Umpan panjang Romagnoli langsung ke depan gawang Bologna ternyata mengenai tangan Adama Soumaoro yang mengawal Ibrahimovic. Penalti kembali diberikan pada menit ke-54. Ini ditambah kartu merah kepada asisten pelatih Bologna yang mengecam keputusan wasit dari bangku cadangan Bologna. 

Kini Franck Kessie ditunjuk sebagai algojo, kesempatan tersebut tak disa-siakan oleh gelandang asal Pantai Gading. Ia membuat gerakan menipu dengan menendang tak terlalu keras ke tengah gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan i Rossoneri.

Unggul dua gol membuat tekanan di kubu Milan mulai menurun. Namun di sisi lain Rossoblu terlihat frustasi dalam merobek gawang Milan.

Stefano Pioli melakukan dua pergantian pada menit ke-62, memasukkan Rade Krunic dan Ismael Bennacer menggantikan Anter Rebic dan Sandro Tonali. Ini menjadi debut kembalinya Bennacer setelah absen dalam beberapa bulan terakhir aibat cedera.

Kelemahan Milan mulai terlihat, sisi sebelah kiri yang ditempati oleh Theo Hernandez menjadi sektor yang terus diekspos oleh Bologna. Ancaman Bologna hadir pada menit ke-69 melalui pemain sayap Mattias Svanberg yang berhasil melepas umpan matang setelah melewati Hernandez. Tomori yang mencoba melakukan penyelamatan justru menghadirkan bola liar meski pada akhirnya bisa diselamatkan oleh Donnarumma.

Menit ke-78 Bologna mencoba memasukkan dua pemain veteran Rodrigo Palacio dan Andrea Poli. Pengalaman kedua pemain diharapkan bisa membantu Bologna keluar dari tekanan sekaligus memperkecil jarak.

Keputusan tersebut berbuah hasil. Kerja sama Palacio, Olsen, dan Pioli sukses memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Pahitnya gol tersebut hadir melalui kaki eks pemain Milan, Poli pada menit ke-82.

Nyaris, Bologna hampir menyamakan kedudukan lewat tandukan Sorinao menit ke-83. Hanya Donnarumma yang dengan tenang berhasil menepis bola keluar gawang. Skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Milan setelah injury time empat menit berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement