Senin 01 Feb 2021 01:23 WIB

Salah Dua Gol, Liverpool Jinakkan West Ham 3-1

Liverpool naik ke posisi tiga klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Liverpool Mohamed Salah menjebol gawang West Ham United yang dijaga Lukasz Fabianski.
Foto:

.

Peluang emas Liverpool pada awal babak kedua datang dari Salah. Berawal dari pergerakan Divock Origi dari sebelah kiri, ia melepas umpan mendatar langsung ke arah Salah.

Salah berada tepat di depan gawang Lukasz Fabianksi. Namun sayang tembakannya masih diadang oleh bek sayap Aaron Cresswell.

Pelatih Juergen Klopp melakukan rotasi pemain, James Milner ditarik keluar dan digantijan oleh Curtis Jones pada menit ke-56. Milner sempat mempertanyakan penarikannya dari permainan. Namun hanya berselang satu menit, keputusan Klopp langsung berbuah hasil. Liverpool membuka skor lewat Salah, memaksimalkan operan Jones yang baru masuk.

Gol berawal dari pergerakan Thiago Alcantara yang mengirim bola pendek kepada Jones di tengah yang langsung diteruskan ke Mohamed Salah di sisi kiri. Salah membuat gerakan menusuk ke dalam melewati Cresswell dan dengan instingnya penyerang asal Mesir melepas tembakan kaki kiri melengkung ke pojok kiri gawang Fabianski. Gol ini disambut selebrasi Klopp dengan Milner yang tertawa lepas, seolah mengakui bosnya membuat keputusan jitu dengan menariknya.

Tim tamu sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-68. Salah kembali menjadi pahlawan setelah menerima umpan silang ciamik dari Xherdan Shaqiri. Gol ini cukup berkelas karena tercipta sekitar 10 detik setelah West Ham gagal memaksimalkan tendangan sudut. Bola liar yang didapatkan Trent Alexander-Arnold digiring sebentar keluar kotak penalti Liverpool, sebelum dioper ke sisi kanan pertahanan West Ham.

Di sana Shaqiri yang berlari cepat sudah menanti. Tanpa menunggu lama, Shaqiri melepas umpan silang akurat ke kotak penalti West Ham dengan satu sentuhan. Salah menahan bola dengan sempurna dan menjebol gawang West Ham hanya dengan sentuhan pelan karena Fabianski sudah bergerak mencoba menutup ruang tembak. 

Tertinggal dua gol membuat juru taktik West Ham, David Moyes merasa tertekan. Ia pun memutuskan melakukan tiga pergantian pemain yakni Andriy Yarmolenko, Mark Noble, dan Ryan Federicks masuk untuk menambah daya dobrak the Hammers. 

Meski demikian, West Ham justru kembali kemasukan gol ketiga lewat kaki gelandang tengah Wijnaldum menit ke-84 setelah melakukan kerja sama apik bersama Roberto Firmino. Akselerasi Firmino di sisi kanan kotak penalti West Ham membuatnya dalam posisi bagus mencetak gol. Namun Firmino memilih mengoper bola ke Wijnaldum yang berdiri lebih bebas di depan gawang. Bola dengan mudah diteruskan Wijnaldum untuk gol ketiga the Reds.

Berselang tiga menit hol yang ditunggu oleh publik London hadir. West Ham berhasil memperkecil keduduna menjadi 1-3 melalui gol Craig Dawson setelah menerima umpan sepak pojok Cresswell.

Tak ada gol yang terjadi hingga peluit panjang berbunyi skor 3-1 tetap bertahan untuk keunggulan the Anfield Gank.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement