Jumat 19 Feb 2021 02:54 WIB
...

Saat di Benfica, David Luiz Setop Makan Burger Setahun

David Luiz telah berhasil mengatasi reputasi apa pun yang mungkin dia miliki.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
David Luiz dari Arsenal.
Foto:

"Saya ingat betapa sulit keputusannya untuk pergi ke Chelsea," kata mantan pemain internasional Portugal, Nuno Gomes, yang menyaksikan transformasi Luiz dari seorang introvert menjadi seorang penghibur alami di ruang ganti. "Dia secara sempurna beradaptasi dengan Lisbon dan klub. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa dia sudah menjadi orang Portugis. Dia memahami budaya kami, berbagi kebiasaan kami."

Striker Brasil Derlei adalah pemain lain yang berada di Benfica ketika Luiz pertama kali tiba.

"Suatu malam dia, agennya Giuliano Bertolucci, dan saya makan malam di restoran. Saya perhatikan David tidak tahu siapa saya, jadi Giuliano berbicara sedikit tentang saya, menjelaskan bahwa saya telah memenangkan Liga Champions dan trofi lainnya," kata mantan striker, yang memenangkan Liga Champions dan Piala UEFA bersama Porto dan juga bermain untuk Sporting Lisbon.

Pada titik tertentu, Luiz menoleh kepada Derlei dengan senyuman dan berkata, 'Itu sangat bagus, Bung, selamat. Suatu hari, saya berharap bisa menaklukkan semua itu juga. Kita semua setuju bahwa dia tidak berbuat terlalu buruk, bukan?"

Setelah Luiz meraih gelar liga di Portugal, Inggris, dan Prancis, serta Liga Europa dan Liga Champions bersama Chelsea, itu adalah penilaian yang hanya akan diperdebatkan.  Tapi di luar itu, dia tetap menjadi pesepak bola yang membagi opini hampir tidak seperti yang lain.

"Dia selalu menjadi bahan kepemimpinan, menikmati menjadi sorotan, tidak lari dari wawancara dan kontroversi," kata salah satu mentor awalnya, Joao Paulo Sampaio, pria yang mengubahnya menjadi bek tengah. "Tapi itu jelas ada harganya. Ketika dia membuat kesalahan, itu juga menarik lebih banyak perhatian, terutama di dunia yang kita tinggali saat ini. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi yang layak, tetapi hanya sedetik untuk menghancurkannya. David telah mengalami semuanya."

Meskipun beberapa kesalahan profil tinggi yang menyebabkan kritik keras dari para penggemar dan pakar, Luiz telah tampil mengesankan akhir-akhir ini untuk Arsenal dan melihat pelatih Mikel Arteta memuji pengaruhnya.

Di Chelsea, ia memenangkan setiap gelar domestik dan Eropa utama dalam enam setengah musim selama dua periode. Luiz masih memiliki lebih banyak pendukung daripada pencela di the Blues.

Setelah disindir oleh legenda Manchester United Gary Neville sebagai pemain PlayStation yang dikendalikan oleh seorang anak di kerumunan, kini Luiz telah berhasil mengatasi reputasi apa pun yang mungkin dia miliki untuk penampilan yang tidak menentu atau mungkin menuju musim ke-10 di Liga Primer Inggris.  Dia dilaporkan akan ditawari perpanjangan kontrak satu tahun lagi di Arsenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement