Kamis 05 Aug 2021 08:08 WIB

Anak 13 Tahun Ini Peraih Medali Olimpiade Termuda Inggris

Sky Brown mampu mencegah Jepang menyapu bersih medali skateboard Olimpiade Tokyo.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Atlet skateboard asal Inggris, Sky Brown, yang baru berusia 13 tahun.
Foto: EPA/FAZRY ISMAIL
Atlet skateboard asal Inggris, Sky Brown, yang baru berusia 13 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Di saat banyak anak sedang berlatih olahraga di sekolah musim panas, Sky Brown, yang baru berusia 13 tahun, menjadi peraih medali Olimpiade termuda dalam sejarah Inggris Raya. Ia meraih medali perunggu cabang olahraga skateboarding women's park Olimpiade Tokyo 2020.

Sakura Yosozumi dari Jepang, menjadi juara Olimpiade dalam ajang skateboarding women's park. Kemenangan Yosozumi itu membuat Jepang mendominasi debut cabang ini di Olimpiade, setelah medali perak diraih Kokona Hiraki, yang jadi peraih medali termuda dengan usianya yang baru 12 tahun.

Brown mampu mencegah Jepang menyapu bersih medali. Sebab, skaters Jepang mendapatkan dua emas baik dalam putra maupun putri di ajang skateboard jalanan di pekan pertama Olimpiade Toyo. Brown, yang lahir di Jepang, memenangkan medali perunggu pada Kejuaraan Dunia 2019 di Sao Paulo, dan menempati peringkat tiga setelah event kualifikasi.

"Saya senang untuk kembali lebih kuat dan bahkan lebih kuat lagi,'' kata Brown, dikutip dari Skysports, Kamis (5/8).

Brown, yang lahir di Miyazaki, Jepang, dari ibu Jepang dan ayah Inggris, berkompetisi di Amerika Serikat (AS) Terbuka 2016 pada usia delapan tahun, dan pertama kali terpilih untuk bersaing untuk Inggris Raya pada 2018.

Brown datang dengan banyak prestasi, setelah memenangkan Dancing With The Stars: Juniors versi AS pada tahun 2018. Ia pernah menyatakan ambisinya untuk mencapai prestasi yang hampir belum pernah terjadi sebelumnya untuk berkompetisi di dua ajang olahraga, skateboard dan selancar di Olimpiade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement