Sabtu 14 Aug 2021 08:46 WIB

Eko Roni Lanjutkan Kemenangan Beruntun di ONE Championship

Dalam kemenangan kelimanya ini, Eko hanya butuh 10 detik untuk mengalahkan lawannya.

Eko Roni Saputra (kiri) disahkan sebagai pemenang usai mengalahkan lawannya di ONE Championship™ (ONE): BATTLEGROUND II, di Singapura, Jumat (13/8).
Foto: Dok. ONE
Eko Roni Saputra (kiri) disahkan sebagai pemenang usai mengalahkan lawannya di ONE Championship™ (ONE): BATTLEGROUND II, di Singapura, Jumat (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Petarung Indonesia Eko Roni Saputra menorehkan hasil gemilang kala menjalani laga ONE Championship™ (ONE): BATTLEGROUND II, di Singapura, Jumat (13/8). Bintang Indonesia yang sedang naik daun itu mengalahkan lawannya, Liu Peng Shuai, lewat pukulan KO, hanya dalam waktu 10 detik. 

Kedua petarung sempat bertukar pukulan di tengah lingkaran arena sebelum akhirnya sebuah jab tegak lurus dari tangan kanan Eko menjatuhkan Liu, dan menyelesaikan pertarungan seketika. 

Ini tercatat sebagai kemenangan KO tercepat dalam sejarah seni bela diri campuran kelas flyweight ONE. Ini pun tercatat jadi kemenangan kelima berturut-turut Eko di ONE Championship. Total Eko sudah bertarung sebanyak enam kali sejak debutnya pada Apeil 2019 lalu. Satu-satunya kekalahan yang Eko alami ialah saat melakoni laga perdana di ONE Championship. 

Aroma 'kekalahan tak sengaja' mewarnai awal kariernya saat mentas di ONE: ROOTS OF HONOR, yang digelar di Mall of Asia Arena di Manila, Filipina, pada 12 April 2019. Kala itu, Eko yang menghadapi lawan asal Singapura, Niko Soe, tak bisa melanjutkan laga karena darah di pelipis matanya deras mengalir sehingga menghalangi pandangannya.

Kembali ke ONE:BATTLEGROUND II, pada laga utama, petarung veteran asal Cina Zhang Lipeng mengawali debut kemenangan bersama ONE Championship. I mengalahkan mantan Juara Dunia ONE Lightweight Eduard Folayang.

Zhang memberikan tekanan lebih awal, membawa Folayang ke ground dengan sukses dan mengendalikannya di atas matras. Setelah mengamankan punggung petarung ikon Filipina itu, Zhang menggebrak sambil mengancam dengan rear-naked choke.

Folayang mencoba mengayunkan momentum di ronde kedua, menggunakan tendangan rendah untuk menebas kaki lawannya. Tapi Zhang membuat penyesuaian yang penting dan mengambil tindakan kembali ke ground dengan serangan ganda.

Pada ronde ketiga dan terakhir, Folayang lebih berhasil mempertahankan takedown sambil terus mengincar kaki Zhang. Tapi pukulan keras menjelang akhir ronde menyegel keputusan untuk wakil Cina itu. Ketiga juri menilai pertarungan dimeanngkan Zhang dengan keputusan bulat.

Mantan Juara Dunia ONE Strawweight dan penantang strawweight peringkat #5 saat ini Alex Silva memanfaatkan kemampuan grappling yang mumpuni untuk melumpuhkan lawannya yaitu Miao Li Tao asal China di atas matras dan mendapatkan keputusan mutlak yang jelas. Silva mengancam dengan kuncian di awal ronde pertama, menangkap Miao dalam upaya armbar yang dalam. Dominasi grappling berlanjut di ronde kedua dan ketiga, membuat petarung asal Brasil itu unggul di kartu skor.

Bentrokan yang sangat dinantikan antara pendatang baru promosi Thomas Narmo dan petarung sensasional kelas heavyweight Alain Ngalani berakhir sebelum waktunya setelah pelanggaran yang tidak disengaja dari Ngalani membuat petarung Norwegia itu tidak dapat melanjutkan ronde kedua. Pertarungan itu dinyatakan sebagai no contest (NC).

Dalam pertarungan kelas lightweight, Rahul Raju mengatasi upaya gagah berani dari Otgonbaatar Nergui untuk menang dengan kuncian di ronde kedua. Nergui kuat dan agresif pada ronde pertama, tapi Raju beralih ke grappling-nya di ronde kedua dan menggunakan rear-naked choke untuk memaksa musuhnya menyerah.

 

Hasil Resmi ONE: BATTLEGROUND II

Mixed Martial Arts - Lightweight: Zhang Lipeng kalahkan Eduard Folayang melalui Keputusan Bulat

 

Mixed Martial Arts - Strawweight: Alex Silva kalahkan Miao Li Tao melalui Keputusan Bulat

 

Mixed Martial Arts - Heavyweight: Thomas Narmo vs. Alain Ngalani – No Contest (NC)

 

Mixed Martial Arts - Flyweight: Eko Roni Saputra kalahkan Liu Peng Shuai melalui Knockout (KO) pada detik 0:10 Ronde 1

 

Mixed Martial Arts - Lightweight: Rahul Raju kalahkan Otgonbaatar Nergui melalui Submission (Rear-naked Choke) pada menit 3:54 ronde 2. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement