Rabu 18 Aug 2021 11:58 WIB

Van Gaal Pede Jadi Sosok Paling Pas Tangani Timnas Belanda

Van gaal membanggakan pengalamannya sebagai modal kuat melatih Belanda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Belanda Louis Van Gaal.
Foto: AP Photo/Jon Super
Pelatih timnas Belanda Louis Van Gaal.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih timnas Belanda Louis Van Gaal menilai, saat ini tidak ada sosok pelatih yang lebih tepat untuk menangani tim Oranje selain dirinya. Setelah gagal tampil di putaran final Piala Dunia 2018 dan tersingkir di babak 16 besar Euro 2020, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) berharap bisa melihat Oranje berkiprah di putaran final Piala Dunia 2022. 

Harapan ini akhirnya digantungkan KNVB pada sosok Van Gaal. Bermodal pengalaman yang dimiliki Van Gaal, pelatih berusia 70 tahun itu diharapkan bisa membawa timnas Belanda merumput di putaran final Piala Dunia 2022, yang bakal dihelat di Qatar. Van Gaal pun menyebut, dengan waktu yang relatif sempit, KNVB memang tidak memiliki pilihan lain selain menunjuk pelatih berpengalaman. 

Baca Juga

"Jika saya menjadi KNVB, saya juga akan menunjuk diri saya sendiri. Siapa lagi yang bisa melakukannya? Ini mungkin terdengar sedikit melodramatis. Namun, saya kira pengalaman menjadi hal penting karena kami tidak memiliki banyak waktu," tutur Van Gaal seperti dilansir Sky Sports, Rabu (18/8). 

Pelatih yang diketahui telah menangani empat tim, termasuk dua kali menangani timnas Belanda, itu memang tidak memiliki banyak waktu. Pada 1 September mendatang, Van Gaal sudah memimpin para penggawa Tim Oranje melakoni laga perdana Grup G babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, kontra Norwegia. Kemudian, tiga hari berselang, Belanda akan menghadapi Montenegro dan diikuti dengan laga ketiga Grup G, kontra Turki, 7 September mendatang. 

Dengan padatnya jadwal pertandingan dan minimnya masa persiapan, Van Gaal tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pemantauan dan mencari bakat-bakat baru untuk mengisi skuad Oranje. Alhasil, eks pelatih Barcelona itu kemungkinan besar akan mempertahankan sebagian besar pemain yang ditinggalkan Frank de Boer. 

Pelatih yang mengantarkan Ajax Amsterdam merengkuh titel Liga Champions itu pun mengakui, fokusnya saat ini adalah mengembalikan dan menjaga kondisi fisik para pemain.

"Kami akan segera mengawali kiprah di babak kualifikasi. Kami tidak akan bisa meraih hasil maksimal apabila pada pemain tidak berada dalam kondisi fisik terbaiknya,'' tutur mantan pelatih Manchester United tersebut. 

Van Gaal pernah dua kali menukangi timnas Belanda, tepatnya pada 2000 hingga 2002 dan 2012 hingga 2014. Pada kesempatan pertamanya Van Gaal gagal membawa Belanda tampil di putaran final Piala Dunia 2002. Namun, kegagalan ini dijawab Van Gaal pada kesempatan keduanya, yaitu membawa Oranje ke peringkat ketiga Piala Dunia 2014. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement