Senin 08 Nov 2021 07:22 WIB

Gusarnya Klopp pada Wasit Pawson Usai Kekalahan Liverpool

Liverpool takluk 2-3 dari West Ham United pada laga pekan ke-11 Liga Primer Inggris.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Manajer Liverpool Juergen Klopp gusar dengan keputusan wasit Craig Pawson dalam pertandingan kontra West Ham United di Liga Primer Inggris.
Foto:

Cresswell tak dikartu merah

Kemudian, Klopp melihat situasi yang melibatkan Jordan Henderson dan Aaron Cresswell. Di mata Klopp, itu jelas kartu merah. Cresswell mengangkat kaki terlalu tinggi. Namun, lagi-lagi Pawson menyerahkan kepada pengecekan VAR. Klopp tak paham alasan Cresswell lolos dari kartu merah.

 "Itu perebutan bola yang sembrono. Jika Anda tidak dapat mengontrol kaki Anda sebanyak itu dan Anda menendang kaki lawan Anda tinggi-tinggi, Anda tidak dapat melakukan tantangan seperti ini,” ujar Klopp gusar.

Pelatih asal Jerman ini mengaku tak bisa berbuat apa-apa, bahkan tak mengacungkan kartu kuning. Ia menilai tak ada pelanggaran. Pawson kemudian mengonfirmasi kepada VAR. Petugas VAR Stuart Attwell memperkuat keputusan Pawson. Attwell menilai Cresswell ‘tidak memiliki kekuatan yang diperlukan, atau intensitas, atau kontak yang jelas’ dalam perebutan bolanya dengan Henderson.

“Saya tidak tahu apa yang akan dia katakan tentang itu sekarang tetapi dalam permainan, dia tampak cukup yakin keputusannya benar,” jelas Klopp.

Ditanya apakah para wasit sekarang kerap mengandalkan VAR dalam kepemimpinannya, Klopp menjawab tidak semua wasit. “Namun dia (Pawson) melakukannya,” tegasnya.

Klopp mengambil contoh lain kekeliruan Pawson. Saat dalam situasi bola mati Trent Alexander-Arnold terjatuh usai mengambil bola, tapi tidak dinyatakan pelanggaran. Namun kesudahannya kaki Alexander-Arnold memar. “Jadi dari mana memar itu datang?" tanya Klopp.

Baca juga : Liverpool Dipermalukan West Ham

Klopp juga mengkritik pendekatan West Ham. Menurut dia, West Ham telah menampilkan performa apik tahun ini. “Namun hari ini sedikit lebih seperti West Ham lama, bertahan dalam, mengandalkan set-piece, dan melakukan serangan balik," kata dia.

Tudingan Klopp ini berbalas, bukan dari pelatih West Ham David Moyes, melainkan dari mantan pemain the Hammers Trevor Sinclair. Ia menilai justru Liverpool juga mendapat keuntungan dari kekeliruan Pawson mengambil keputusan tendangan bebas untuk Trent Alexander-Arnold yang berujung gol Liverpool. Ia menilai Mohamed Salah terlalu gampang terjatuh dengan kontak minimalis, yang melatari keputusan Pawson tersebut.

Ia menilai Pawson mengabaikan aturan baru Liga Primer untuk tidak memberikan 'tendangan bebas lunak'. Sebab Salah dinilai lebih menjatuhkan diri ketimbang dilanggar.

Sinclair juga menilai Diogo Jota semestinya mendapatkan kartu merah karena menyikut Ogbonna. Ia menilai sikut Jota sebagai gerakan lanjutan meskipun penyyerang Liverpool itu membelakangi Ogbonna.

Dengan kekalahan ini, Liverpool turun ke posisi empat. Tempatnya di peringkat tiga kini digantikan West Ham. Persaingan di papan atas pun makin seru setelah pemuncak klasemen Chelsea ditahan imbang, Arsenal yang menang, dan Manchester United tumbang dari Manchester City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement