Rabu 24 Nov 2021 15:03 WIB

Ini Uang Besar yang Didapatkan Klub dari Liga Champions

Juara Liga Champions mendapat uang maksimal sebesar 85 juta euro atau Rp 1,3 triliun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Liga Champions menyediakan hadaih uang besar.

Sistemnya, peringkat klub berdasarkan koefisien UEFA yang diraih merupakan hasil kinerja mereka di Eropa selama 10 tahun terakhir. Klub dengan poin paling sedikit akan memperoleh 1,137 euro (Rp 18 2 juta)  hingga nilai tertinggi mencapai 36,38 juta euro (Rp 583 miliar). Real Madrid saat ini memimpin tabel koefisien UEFA di depan Bayern Muenchen, Barcelona dan juara bertahan Liga Champions, Chelsea.

Sementara untuk pendapatan dari hak siar, total dana sebesar 300,3 juta euro (Rp 4,8 triliun) dibagikan kepada peserta klub Liga Champions. Masing-masing negara diberikan jumlah tertentu, tergantung pada nilai pasar televisi negara tersebut. 

Selain itu, jumlah yang diterima klub juga tergantung kuota yang didapat liga masing-masing untuk tampil di Liga Champions. Ada beberapa negara yang mendapatkan jatah empat tim, ada juga yang tiga tim dan bahkan dua tim.

Pengurangan uang Liga Champions

Karena dampak finansial dari pandemi virus corona, UEFA akan mengurangi sebagian dari total 2,732 miliar euro (Rp 43 triliun) yang rencananya akan didistribusikan di antara klub-klub Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Europa pada musim 2021/22.

Angka Ini berasal dari musim 2019/20, ketika pendapatan UEFA dari kompetisi klub Eropa lebih rendah 416,5 juta euro dari yang diperkirakan karena pandemi virus corona. Jumlah uang yang disetujui badan untuk dibagikan setiap musim secara langsung terkait dengan pendapatan yang diharapkan dari turnamennya. Namun alih-alih membayar lebih sedikit tahun itu, UEFA memilih untuk menutup sebagian dari kekurangan pendapatannya selama empat tahun berikutnya,yakni sampai musim 2023/24.

Istilah ini, UEFA mengatakan akan mengurangi total 83,3 juta euro dari uang yang didistribusikan di tiga turnamen klub pria, "dalam jumlah proporsional per kompetisi dan sebanding dengan pendapatan masing-masing klub".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement