Senin 20 Dec 2021 15:45 WIB

Berganti-ganti Formasi, Timnas Indonesia Bersinar di Fase Grup Piala AFF 2020

Timnas Indonesia memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2020.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (tengah) melakukan sujud syukur dengan rekan-rekannya usai menjebol gawang Timnas Malaysia dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semi final Piala AFF.
Foto:

Dalam laga itu, Shin juga sadar perlu evaluasi di sektor pertahanan dengan memasukkan Edo Febriansyah alih-alih Pratama Arhan dan Rizky Ridho untuk menggeser Ryuji Utomo. Shin juga memainkan Ernando Ari untuk menjaga gawang. Perubahan ini menghadirkan sedikit perbaikan karena hanya kebobolan satu kali. 

Indonesia akhirnya menghadapi Vietnam yang berstatus juara bertahan Piala AFF 2018 di partai ketiga. Sadar kualitas lawan berada di atas, Shin menerapkan taktik bertahan dengan formasi 5-4-1. 
 
Agar lini pertahanan semakin rapat, Shin menambah satu kekuatan bernama Fachrudin Aryanto. Ia juga menurunkan Nadeo Argawinata sebagai kiper. Hasilnya? Indonesia sukses menjaga kesucian gawang tanpa kebobolan dalam laga ini.
 
Padahal, Vietnam menggempur sepanjang pertandingan dengan total 22 peluang dan penguasaan bola mencapai 70 persen. Sedangkan Indonesia hanya mencatat satu peluang dan 30 persen ball posession. Skor berakhir imbang 0-0. 
 
Hasil imbang kontra Vietnam membuat Indonesia hanya butuh hasil serupa untuk lolos ke semifinal saat melawan Malaysia, Ahad (19/12). Namun, Shin tetap menargetkan kemenangan untuk mengamankan situasi sekaligus menjaga gengsi mengigat berhadapan dengan Malaysia adalah partai bertensi tinggi. 
 
Shin lagi-lagi mengganti formasi. Dengan formasi 4-4-2, ia tidak banyak mengubah susunan lini pertahanan. Namun, ia mengutak-atik sedikit lini tengah dengan memasukkan Irfan Jaya sebagai sayap kanan setelah yang bersangkutan dimainkan sebagai sayap kiri saat melawan Vietnam.
 
Di sektor depan, Ezra Walian yang biasa tampil sebagai ujung tombak kali ini didampingi oleh Witan Sulaeman. Dengan formasi ini, Indonesia seakan memberi kejutan untuk Malaysia karena selalu berganti-ganti formasi di setiap pertandingan. 
 
Indonesia pun menunjukkan determinasi di awal pertandingan. Sayangnya, kesalahan kecil membuat Malaysia mampu mencuri gol lebih awal. Meski begitu, Irfan Jaya dan kawan-kawan berhasil membayar tuntas dengan kemenangan meyakinkan.
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement