Sabtu 25 Dec 2021 20:23 WIB

Diwarnai Keributan, Indonesia 1-1 Singapura pada Babak Pertama Semifinal Piala AFF

Indonesia mencetak gol lebih dulu.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Witan Sulaeman dari Indonesia (kiri) dan Pratama Arhan Alif Rifai dari Indonesia merayakan setelah Ezra Harm Ruud Walian dari Indonesia (tidak digambarkan) mencetak gol pertama pada pertandingan leg kedua semifinal AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Singapura di Singapura, Sabtu (25/12).
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Witan Sulaeman dari Indonesia (kiri) dan Pratama Arhan Alif Rifai dari Indonesia merayakan setelah Ezra Harm Ruud Walian dari Indonesia (tidak digambarkan) mencetak gol pertama pada pertandingan leg kedua semifinal AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Singapura di Singapura, Sabtu (25/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Melalui duel sengit Indonesia harus puas berbagi angka 1-1 dengan Singapura pada babak pertama leg kedua semifinal Piala AFF 2020, yang berlangsung di National Stadium, Sabtu (25/12) malam WIB.

Pertandingan berjalan imbang pada menit-menit awal. Indonesia baru bisa mengembangkan permainan memasuki lima menit laga.

Baca Juga

Peluang awal skuad Garuda datang dari pemain tengah Ricky Kambuaya. Setelah menerima umpan Witan, Kambuaya dari sudut kanan gawang Singapura langsung melepas tembakan yang masih bisa diblok oleh gelandang bertahan Hariss Harun.

Enam menint berselang tepatnya pada menit ke-11 Indonesia memecah kebuntuan. Penyerang Ezra Walian mencatatkan namanya di papan skor. Gol berawal dari kesalahan kiper Singapura.

Hassan Sunny melakukan servis ke tengah lapangan sayang laju bola bisa diblok oleh kapten Asnawi Mangkualam yang langsung diberikan kepada Witan Sulaeman.

Witan dengan cerdik mengecoh dua pemain belakang Singapura sekaligus masuk ke dalam kotak penalti, yang langsung memberikan umpan mendatar ke arah Ezra. Indonesia unggul 1-0 untuk tuan rumah.

Hingga memasuki menit ke-25 Singapura tak banyak memegang bola. The Lions bermain lebih dalam dan mengandalkan umpan panjang langsung ke arah depan.

Sementara Indonesia mampu menguasai jalannya laga dengan memimpin penguasaan 60 persen berbanding 40 persen. Garuda Merah-Putih juga mencatat enam tembakan ke gawang lawan dengan satu tembakan berujung gol.

Singapura kesulitan untuk menerapkan permainan mereka. Beberapa kali percobaan Hafiz Nor, Amy Recha, dan Song Ui-young masih bisa dipatahkan oleh lini pertahanan Indonesia.

Berkali-kali Singapura kesulitan dihadapan pemain bertahan Indonesia. Strategi double pivot yang dimainkan Shin Tae-yong dengan menurunkan Rachmat Irianto dengan Dewangga membuat aliran bola the Lions putus.

Pada menit ke-36 Indonesia mendapat peluang. Sayang, tekel keras dilepas oleh Safuwan untuk menghentikan laju Witan, yang berujung pada kartu kuning untuk bek Singapura tersebut.

Singapura nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-40. Tembakan Recha mampu ditepis kiper Indonesia, namun bola liar hampir membuat the Lions mencetak gol. Itu berawal dari komunikasi buruk antara Irianto dengan Argawinta.

Safuwan mendapat kartu kuning kedua setelah terlibat perselisihan dengan pemain Indonesia pada menit ke-45+2. Keributan sempat terjadi.

Nahas, Singapura mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tembakan Sing Ui-Young pada menit ke-45+3 berawal dari tendangan bebas.

Hingga wasit meniupkan peluit turun minum Indonesia dan Singapura harus puas berbagi skor 1-1. Di akhir babak pertama, keributan sempat terjadi di antara para official tim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement