Senin 07 Feb 2022 07:03 WIB

Kirim Pesan Melecehkan kepada Rekan Wanita, Marc Overmars Mundur dari Ajax

Saya malu, pekan lalu saya dihadapkan dengan laporan tentang perilaku saya

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Marc Overmars
Foto: Arsenal.com
Marc Overmars

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM — Marc Overmars telah meninggalkan perannya sebagai direktur sepak bola Ajax Amsterdam, Senin (7/2/2022). Mengutip laporan Mirror, situasi itu terjadi setelah Overmars mengakui bahwa dirinya telah mengirim pesan yang tidak pantas kepada rekan-rekan wanita di klub.

Mantan pemain sayap Arsenal dan Belanda itu menjabat sejak 2012, dan baru-baru ini menandatangani kontrak baru hingga 2026. Namun, setelah laporan pecah di Belanda bahwa dia telah mengirim pesan seksual yang tidak pantas kepada rekan kerja, dia dengan cepat mengundurkan diri.

Dalam sebuah pernyataan di situs web Ajax, Overmars mengatakan,  "Saya malu, pekan lalu saya dihadapkan dengan laporan tentang perilaku saya dan bagaimana ini sampai ke orang lain. Sayangnya, saya tidak menyadari bahwa saya melewati batas dengan ini, tetapi itu menjadi jelas bagi saya dalam beberapa hari terakhir."

"Saya tiba-tiba merasakan tekanan yang sangat besar. Saya minta maaf. Tentu untuk seseorang di posisi saya, perilaku ini tidak dapat diterima,” tulisnya.

"Saya sekarang melihat itu juga. Tapi sudah terlambat. Saya tidak melihat pilihan lain selain meninggalkan Ajax. Ini juga berdampak besar pada situasi pribadi saya. Itu sebabnya saya meminta semua orang untuk meninggalkan saya dan keluarga saya sendiri."

Ketua Dewan Leen Meijaard: mengatakan "Ini adalah situasi dramatis bagi semua orang yang terlibat dengan cara apa pun."

"Ini menghancurkan bagi para wanita yang harus berurusan dengan perilaku tersebut. Ketika kami mendengar berita tentang ini, kami segera bertindak, dengan hati-hati mempertimbangkan dan menimbang apa yang terbaik untuk dilakukan - semuanya dengan berkonsultasi dengan CEO Edwin van der Sar dan membantu  oleh ahli dari luar,” katanya.

"Marc mungkin adalah direktur sepak bola terbaik yang dimiliki Ajax. Kami meningkatkan dan memperpanjang kontraknya karena suatu alasan. Tapi, sayangnya, dia benar-benar melampaui batas, jadi melanjutkan sebagai direktur bukanlah pilihan." Tegasnya.

Kepala eksekutif klub dan mantan rekan setim Overmars di Belanda, Van der Sar mengatakan: “Saya menemukan situasi yang mengerikan bagi semua orang dan saya setuju dengan kata-kata Leen Meijaard."

“Dalam peran saya, saya juga merasa bertanggung jawab untuk membantu rekan kerja. Iklim kerja yang aman sangat penting bagi semua orang di Ajax." tandasnya.

“Kami akan lebih memperhatikan hal ini dalam waktu dekat. Marc dan saya telah bermain bersama sejak awal 1990-an, pertama di Ajax dan kemudian dengan tim nasional dan kami telah menjadi rekan di manajemen Ajax selama hampir sepuluh tahun sekarang." lanjutnya.

"Itu sekarang telah berakhir dengan sangat tiba-tiba. Kami sedang mengerjakan sesuatu yang sangat luar biasa di sini di Ajax, jadi berita ini juga akan menjadi pukulan bagi semua orang yang peduli dengan Ajax,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement