Selasa 29 Mar 2022 20:17 WIB

Euforia Makedonia Utara dan Impian Tampil ke Piala Dunia 2022

Bonus Rp 7,9 miliar bakal diberikan kepada timnas Makedonia Utara jika lolos

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
 Para pemain Makedonia Utara merayakan saat para pemain Italia bereaksi setelah tim mereka tersingkir di akhir pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia antara Italia dan Makedonia Utara, di stadion Renzo Barbera, di Palermo, Italia, Kamis, 24 Maret 2022. Makedonia Utara menang 1-0.
Foto: AP/Antonio Calanni
Para pemain Makedonia Utara merayakan saat para pemain Italia bereaksi setelah tim mereka tersingkir di akhir pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia antara Italia dan Makedonia Utara, di stadion Renzo Barbera, di Palermo, Italia, Kamis, 24 Maret 2022. Makedonia Utara menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO--Perdana Menteri Makedonia Utara Dimitar Kovacevski akan memberikan bonus 500 ribu Euro atau Rp 7,9 miliar kepada timnas Makedonia Utara jika berhasil mengalahkan Portugal untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar di partai final play-off, di Stadion Dragao, Rabu (30/3) dini hari WIB.

Makedonia Utara mengejutkan banyak pihak setelah menyingkirkan Italia 1-0 di semifinal play-of berkat gol tunggal Aleksander Trajkovski.

Bonus besar itu sebagai bentuk dorongan semangat kepada pemainnya agar bisa tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Makedonia Utara memang tak diunggulkan di laga besok tetapi mereka bisa berharap keajaiban datang kepadanya untuk menyingkirkan Portugal. Selecao sendiri lolos ke final play-off setelah mengalahkan Turki 3-1.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo bertekad menghalani impian Makedonia Utara untuk tampil di Piala Dunia. Ia pun meningkatkan atmosfer pertandingan jelang kick-off. Ia meminta bantuan penggemar agar turur andil di dalamnya.

“Saya mendesak para penggemar. Saya ingin melepaskan diri di Dragao,” kata Ronaldo dilansir dari Mirror.

Bintang Manchester United tersebut ingin penggemar menyanyikan lagu kebangsaan dengan penuh heroik di stadion sebagai dorongan semangat kepada tim.

Ia yakin jika penggemar menunjukkan perannya maka Portugal akan memenangkan pertandingan.

Ronaldo berharap tampil di Piala Dunia untu kelima kalinya. Ia yakin bisa mewujudkan impiannya itu dengan mengalahkan Makedonia Utara.

Ia menegaskan partai nanti adalah final dan Portugal siap melakoni laga penting tersebut. Ia juga percaya diri bahwa dirinya selalu menjadi favorit membawa kemenangan kepada tim baik di kandang maupun tandang.

“'Kami sudah tahu bahwa jika kami menang, kami akan pergi ke Piala Dunia, jika kami kalah, kami tersingkir. Kami memiliki tanggung jawab untuk bersikap positif dan memenangkan pertandingan.

“Makedonia terkejut dan melakukannya di banyak pertandingan, tapi saya pikir besok itu tidak akan mengejutkan kami. Portugal akan lebih baik dan kami akan pergi ke Piala Dunia,” klaim mantan pemain Real Madrid tersebut.

Makedonia Utara mungkin kalah dalam tiga pertandingan di Euro 2020 musim panas lalu. Tetapi Italia bukan tim besar pertama yang mereka kalahkan. Jerman juga berhasil ia kalahkan 2-1 di kualifikasi Piala Dunia Maret 2021.

Blagoja Milevski hanya kalah satu dari delapan pertandingan sebagai pelatih setelah Euro 2020.

Pelatih Portugal Fernando Santos memperingatkan pasukannya agar tak berpuasa diri. Ia ingin anak asuhnya tak meremehkan Makdenonia Utara.

"Jika kita berpikir bahwa, secara teoritis, Makedonia lebih lemah, kita berada di jalur yang salah, itu adalah skenario terburuk yang mungkin terjadi. Kami harus menghadapi Makedonia Utara seperti kami menghadapi Italia,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement