Sabtu 02 Apr 2022 10:24 WIB

Spanyol Satu Grup dengan Jerman di Piala Dunia, Luis Enrique tak Gentar

Meski ada Jerman, tapi Enrique juga tidak ingin meremehkan tim lain.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Spanyol Luis Enrique
Foto: EPA-EFE/Anatoly Maltsev
Pelatih Spanyol Luis Enrique

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Spanyol akan mendapatkan lawan berat dalam fase grup putaran final Piala Dunia 2022. Masuk ke Grup E dalam undian di Doha, Qatar, Spanyol akan satu grup dengan salah satu tim terkuat Eropa, Jerman. Namun, pelatih Spanyol Luis Enrique tidak takut dengan Jerman. 

Walaupun ia mengakui, Grup E menjadi sangat ketat dengan hadirnya Jerman. ''Tapi kami adalah unggulan teratas karena prestasi kami dan pekerjaan yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir,'' kata Enrique, dikutip dari laman resmi FIFA, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga

Meski ada Jerman, tapi Enrique juga tidak ingin meremehkan tim lain. Spanyol juga satu grup dengan Jepang dan menunggu satu tim lagi yang belum menyelesaikan play-off. Sebab, Enrique mengakui masih buta soal kekuatan lawan lainnya. Oleh karena itu, Enrique menyatakan bakal mempelajari kemampuan tim lain dan berpikir bagaimana meningkatkan kemampuan timnya, serta menjaga kepercayaan diri.

''Kami tidak akan mengubah cara kami bermain, apakah itu Piala Dunia atau pertandingan persahabatan. Gaya kami sangat jelas, dan akan sulit untuk melawan kami,'' ujar Enrique.

Sementara itu pelatih Jerman, Hansi Flick, mengatakan, Grup E merupakan grup yang menarik. Itu karena, selain ada Spanyol yang jadi lawan terberat, Jepang juga dianggap selalu bisa memberikan kejutan. Apalagi, banyak pemain Jepang yang bermain di Bundesliga, sehingga memiliki kualitas tinggi. Sementara Kosta Rika, kemungkinan akan lolos dengan mengalahkan Selandia Baru, pernah melawan Jerman pada 2006.

''Semua tim ini telah berkembang dan semuanya memiliki sesuatu yang istimewa. Kami hanya harus memastikan bahwa kami memang,'' ucap Flick. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement