Rabu 06 Apr 2022 18:46 WIB

KNVB Tunjuk Ronald Koeman Gantikan Louis van Gaal Latih Belanda

Koeman akan mulai bekerja melatih Belanda setelah Piala Dunia 2022.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
 Ronald Koeman diangkat sebagai pelatih timnas Belanda menggantikan Louis van Gaal selepas Piala Dunia 2022.
Foto: AP/Manu Fernandez
Ronald Koeman diangkat sebagai pelatih timnas Belanda menggantikan Louis van Gaal selepas Piala Dunia 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) mengonfirmasi Ronald Koeman akan menggantikan Louis van Gaal sebagai pelatih timnas Belanda setelah Piala Dunia 2022 Qatar. Koeman yang sebelumnya menjadi pelatih Belanda antara Februari 2018 dan Agustus 2020 akan memulai pekerjaannya tahun depan.

Mantan pelatih Barcelona tersebut menyetujui kontrak jangka panjang hingga Piala Dunia 2026. Keputusan penunjukan Koeman datang beberapa hari setelah Van Gaal mengumumkan sedang berjuang melawan penyakit kanker prostat.

Baca Juga

"Dalam setiap periode selama saya menjadi manajer tim nasional, saya harus pergi di malam hari untuk pergi ke rumah sakit tanpa para pemain mengetahuinya sampai sekarang, sambil berpikir saya sehat. Tapi ternyata tidak,” kata Van Gaal dalam sebuah wawancara dengan televisi, dilansir dari Manchester Evening News, Rabu (6/4/2022).

Ia tak ingin menceritakan kondisi kesehatannya kepada pemainnya karena takut memengaruhi penampilan di lapangan. Van Gaal mengaku bisa melakukan pekerjaannya karena menyukainya. Ia juga menganggap pekerjaannya sebagai pelatih merupakan hadih di usianya yang sudah lanjut.

Koeman dalam sebuah pernyataannya jelang menduduki kuris pelatih timnas Belanda untuk kedua kalinya mengatakan sangat menantikan kolaborasi baru. Ia ingin memulai hal baru dengan timnas Belanda seperti yang dilakukan sebelumnya.

"Kami akan segera melanjutkan jalan itu. Itu pasti bagi saya,” katanya.

Koeman juga memposting di Twitter-nya dengan menulis bangga bisa kembali menjadi pelatih Belanda. Ia sangat menantikan pekerjaan tersebut. Ia pun mengajak kepada pemain untuk meraih kesuksesan bersama.

Direktur Sepak Bola KNVB Marianne van Leeuwen menambahkan asosiasi senang Koeman kembali bekerja untuk timnas Belanda. Ia mengeklaim ada kepuasaan terhadap kinerjanya sebagai pelatih sebelum bergabung dengan Barcelona. Hasil yang didapatkan cukup memuaskan banyak orang.

"Itulah sebabnya, setelah pertimbangan internal, saya melakukan diskusi dengan Ronald dan agennya Rob Jansen, bersama dengan direktur sepak bola papan atas Nico-Jan Hoogma,” kata Van Leeuwen.

Namun untuk keikutsertaan di Qatar, Oranje masih akan dipimpin oleh Van Gaal. Belanda akan melawan Senegal di laga pembuka Grup A, Senin 21 November. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement