Senin 04 Apr 2022 19:20 WIB

Menderita Kanker Prostat, Van Gaal Dapat Banyak Simpati

Louis van Gaal menunjukkan optimisme bisa hidup dengan normal.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Louis Van Gaal menderita kanker prostat.
Foto: REUTERS/John Sibley
Louis Van Gaal menderita kanker prostat.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih sepak bola asal Belanda Louis van Gaal mengumumkan dirinya didiagnosis menderita kanker dalam acara TV Belanda Humberto kemarin. Dia sedang menjalani perawatan kanker prostat ganas. Pengumuman tersebut mengejutkan dunia sepak bola sekaligus mengundang simpati.

Dalam wawancara tersebut mantan pelatih Manchester United tersebut memperlihatkan ketegarannya menjalani vonis tersebut. Ia menunjukkan rasa optimismenya untuk tetap hidup sebagaimana manusia normal.

Baca Juga

“Anda tidak mati karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam 90 persen kasus. Biasanya penyakit lain yang mendasari yang membunuh Anda. Tapi saya punya kanker yang cukup agresif, disinari 25 kali. Maka Anda memiliki banyak manajemen yang harus dilakukan untuk menjalani hidup,” katanya dilansir dari Daily Star, Senin (4/4/2022).

Manchester United pun langsung memberikan support kepada Van Gaal lewat Twitter-nya. “Semua orang di Manchester United sepenuhnya mendukung mantan manajer kami, Louis van Gaal, dalam perjuangannya melawan kanker. Mengirimkanmu kekuatan dan keberanian, Louis,” demikian bunyi cuitan MU.

Van Gaal menjadi pelatih Setan Merah antara 2014 hingga 2016. Dia menggantikan David Moyes yang dipecat. Pada musim pertamanya. Van Gaal gagal membawa MU finis di empat besar namun naik tiga peringkat dan enam poin dari musim sebelumnya. Musim berikutnya Van Gaal mempersembahkan Piala FA sebelum hengkang.

Barcelona juga menyampaikan dukungannya kepada pria 70 tahun tersebut. Barcelona memberikan pesan agar Van Gaal kuat menjalaninya dan mendoakan agar cepat sembuh dari penyakitnya. Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) juga turur memberikan dukungan kepada Van Gaal.

“Atas nama komunitas sepak bola Eropa, kami mengirimkan harapan terbaik kami kepada pelatih Belanda Louis van Gaal, yang telah mengumumkan bahwa dia sedang berjuang melawan kanker prostat. Kami semua bersamamu, Louis,” kata UEFA.

Manta pemain Barcelona berkebangsaan Inggris, Gary Lineker, pun tak luput memberikan dukungan. Dia mengirimkan harapan agar Van Gaal cepat sembuh.

Van Gaal salah satu pelatih terhebat di Eropa setelah memenangkan trofi utama di Jerman, Spanyol, Belanda dan Inggris. Bersama Barcelona, ia memenangkan gelar La Liga. Empat Eredivise dengan Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar dan satu gelar Bundesliga dengan Bayern Muenchen. Satu gelar Liga Champions ia persembahkan untuk Ajax pada tahun 1995.

Van Gaal kini sedang mengemban tugas sebagai pelatih timnas Belanda. Namun dia akan segera mengundurkan diri setelah Piala Dunia 2022 Qatar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement