Jumat 08 Apr 2022 03:27 WIB

GP Australia: Verstappen Waspadai Trek Baru Albert Park

GP F1 kembali ke Asutralia setelah dua tahun absen.

Pembalap Red Bull Max Verstappen.
Foto:

Hamilton belum kompetitif

Hamilton, yang memiliki jumlah kemenangan di F1 paling banyak ketimbang rival-rivalnya, telah dua kali naik podium teratas di Australia pada 2008 dan 2015. Akan tetapi, peluang sang pembalap Inggris naik podium di Melbourne akhir pekan ini tampak kecil karena Mercedes masih belum menemukan kecepatan dan downforce yang baik. Hamilton bahkan mengeluhkan mobilnya tak bisa dikendarai di Arab Saudi.

Setelah mendapat durian runtuh finis ketiga di Bahrain karena dua pembalap Red Bull mengalami kerusakan, Hamilton hanya mampu finis P10 di Jeddah setelah start dari P16. Bos Mercedes Toto Wolff mengatakan mobil Mercedes tak bisa disulap dalam semalam menjadi cepat.

"Saat ini, performa trek kami tidak sesuai harapan kami, tapi setiap orang di Brackley dan Brixworth memusatkan perhatian mereka untuk memahami masalah ini dan menemukan solusi yang tepat," kata Wolff.

Albert Park sebelumnya selalu menjadi balapan pembuka musim sejak 1996. Namun tahun ini digeser sebagai seri ketiga di kalender mengikuti pelonggaran pembatasan terkait Covid-19 di negara bagian Victoria. 

Melbourne gagal menggelar balapan pada 2021 karena aturan karantina yang ketat. Pada 2020, balapan dibatalkan sebelum sesi latihan pertama pada Jumat karena munculnya kekhawatiran terkait Covid-19, setelah salah satu anggota tim McLaren kedapatan positif terinfeksi.

Valtteri Bottas, sekarang membalap untuk Alfa Romeo, memenangi GP Australia terakhir tiga tahun silam. Ia mengalahkan rekan satu timnya saat itu di Mercedes, Hamilton dengan keunggulan 20,886 detik.

Australia juga akan menyaksikan kembalinya juara dunia empat kali Sebastian Vettel, yang melewatkan dua balapan pembuka musim karena terjangkit Covid-19.

"Bagi saya, setelah hampir satu bulan tak membalap, belajar sepanjang sesi latihan akan penting," kata pembalap tim Aston Martin itu.

Vettel merupakan juara tiga kali di Albert Park, yaitu pada 2011, 2017 dan 2018. Selain Hamilton dan Bottas, pembalap di grid yang pernah merasakan manisnya podium teratas di Melbourne adalah Fernando Alonso, tapi itu pada 16 tahun silam saat ia membalap untuk Renault.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement