Rabu 08 Jun 2022 14:22 WIB

10 Pesepak Bola dengan Caps Terbanyak di Timnas Jerman, Dua Masih Bermain

Thomas Mueller dan Manuel Neuer masih dipercaya membela timnas Jerman.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Jerman Thomas Mueller.
Foto:

Manuel Neuer (111)

Jika Piala Dunia 2010 adalah salah satu transformatif bagi Lahm sebagai kapten, itu juga sama pentingnya bagi Neuer. Rene Adler adalah pemain No.1 Jerman yang masuk ke turnamen, tetapi setelah cedera memaksanya untuk mundur, Neuer melangkah. Setelahnya, Neuer kemudian tak tergeser dalam lebih dari satu dekade.  

Begitu mengesankannya dia di turnamen di Afrika Selatan sehingga membuatnya pindah ke Bayern dari klub masa kecil Schalke pada musim berikutnya. Pemain berusia 36 tahun itu telah menjadi kapten Jerman sejak Bastian Schweinsteiger pensiun pada 2016.

Juergen Klinsmann (108)

Salah satu legenda Jerman lainnya, Klinsmann mengharumkan namanya sendiri saat membela VfB Stuttgart pada awal 1980-an. Ia akhirnya membuat debutnya di Jerman pada usia 23 tahun dalam hasil imbang 1-1 dengan Brasil pada 1987. 

Diberkati dengan bakat untuk mengetahui bagaimana menyongsong bola di tempat dan pada waktu yang tepat, membuat Klinsmann seperti "rubah di dalam kotak". Seorang striker yang sulit diredam karena gerakan dan waktunya selalu membuatnya selangkah lebih maju dari penjaganya.  

Dia adalah pemain pertama yang mencetak gol di tiga Kejuaraan Eropa berturut-turut - termasuk memenangkan edisi 1996 - sementara dia juga berpartisipasi di tiga Piala Dunia. Klinsmann berakhir dengan 47 gol dalam 108 penampilan internasional, menempatkannya di urutan keempat dalam pencetak gol sepanjang masa Jerman.

Toni Kroos (106)

Lambang keanggunan dan keanggunan pada bola, Bayern Muenchen melihat bakat Kroos sejak awal dan mengontraknya dari Hansa Rostock pada usia 16 tahun. 

Gelandang ini benar-benar berkembang sebagai seorang profesional dengan status pinjaman dua tahun di Bayer Leverkusen antara 2008 dan 2010. Ia mendapatkan caps senior pertamanya di level internasional pada Maret 2020 sebelum terpilih untuk Piala Dunia akhir tahun itu.  

Dengan jangkauan passing yang tak tertandingi, tidak mengherankan jika Kroos terlibat di tiga Piala Eropa (2012, 2016, 2020) dan tiga Piala Dunia (2010, 2014, 2018), menjadi tulang punggung tim asuhan Joachim Loew selama lebih dari satu dekade.  

Bintang Real Madrid itu mencetak dua gol dalam beberapa menit dalam kemenangan 7-1 atas Brasil dalam perjalanan untuk memenangkan Piala Dunia 2014, dan akhirnya pensiun dari tugas internasional pada Juni 2021 setelah mengumpulkan 106 caps.

Juergen Kohler (105)

Sebagai bek tengah yang andal seperti yang Anda inginkan, tidak mengherankan karier internasional Kohler berlangsung selama 12 tahun, dengan tiga Piala Eropa dan dua Piala Dunia. Ia membela Bayern Muenchen, Juventus, dan Borussia Dortmund.  

Dia membuat debut seniornya di Jerman dalam kemenangan 2-0 atas Denmark pada September 1986 dan menjadi andalan tim sampai pensiun pada tahun 1998. Kohler bagian dari skuad Jerman yang juara di Piala Dunia 1990. Kohler memimpin Die Mannschaft ke Euro 1996 sebagai kapten, hanya  mengalami cedera pada game pertama yang membuatnya absen di sisa turnamen.  

Namun demikian, ia kembali untuk mencapai angka 100 penampilan internasional, menjadi orang Jerman keempat yang mencapai tonggak sejarah itu setelah Franz Beckenbauer, Matthaeus dan Klinsmann. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement