Kamis 30 Jun 2022 21:06 WIB

Dua Tahun Menganggur, Mantan Pelatih Barcelona Resmi Berlabuh di Athletic Bilbao

Valverde telah membawa Bilbao lima kali lolos ke kompetisi Eropa dalam enam musim.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Ernesto Valverde,pelatih baru Athletic Bilbao.
Foto: Ap/Joan Monfort
Ernesto Valverde,pelatih baru Athletic Bilbao.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ernesto Valverde akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih Athletic Bilbao. Dia merupakan pelatih dengan jumlah pertandingan paling banyak di klub saat melatih selama dua kali kesempatan sebelumnya dan kini kembali untuk periode ketiga. 

Dikutip dari Football Espana, Kamis (30/6/2022), mantan pelatih Barcelona itu akan diperkenalkan Bilbao pada dini hari nanti di San Mames.

Baca Juga

Valverde telah membawa Bilbao lima kali lolos ke kompetisi Eropa dalam enam musim, salah satunya berpartisipasi di Liga Champions. Ia merupakan pelatih Bilbao dengan jumlah pertandingan Eropa terbanyak dalam sejarah klub (42).

Valverde juga membuat Bilbao memutus puasa gelar selama 31 tahun saat memenangkan Piala Super Spanyol pada 2015. Pekerjaan terakhir Valverde adalah ketika melatih Barcelona antara 2017 dan 2020. Ia memenangkan empat trofi selama di Camp Nou, dua kali La Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Pelatih berusia 58 tahun itu sempat menganggur selama dua tahun. Ia pernah melatih Espanyol, Olympiakos, Villarreal, dan Valencia. 

Musim lalu, Bilbao mengalami hasil yang kurang memuaskan. Mereka gagal tampil di kompetisi Eropa musim depan setelah hanya finis di peringkat delapan. Karena itu, tugas Valverde adalah mengembalikan Bilbao menuju kompetisi Eropa, selain membidik trofi-trofi di kompetisi lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement