Rabu 20 Jul 2022 08:15 WIB

Laga Perempat Final FIBA Asia Cup 2022 Dimulai di Istora Senayan Petang Ini

Iran melawan Yordania pada pukul 17.30 WIB akan mengawali laga delapan besar.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebasket Jepang Yuki Togashi (kanan) berusaha melewati hadangan pebasket Filipina Kiefer Ravena (kiri) saat bertanding pada babak penyisihan perempatfinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2022).
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Pebasket Jepang Yuki Togashi (kanan) berusaha melewati hadangan pebasket Filipina Kiefer Ravena (kiri) saat bertanding pada babak penyisihan perempatfinal FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga perempat final FIBA Asia Cup 2022 digelar mulai hari ini di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2022) petang hingga malam. Pertemuan dua tim Asia Tengah, Iran melawan Yordania pada pukul 17.30 WIB akan mengawali laga delapan besar dengan sistem gugur tersebut. Dilanjutkan duel Lebanon Vs China pada pukul 20.00 WIB.

Dua pertandingan perempat final selanjutnya akan digelar di lokasi yang sama keesokan harinya. Dua laga tersebut mempertemukan Australia dengan Jepang dan Korea Selatan berhadapan Selandia Baru.

Baca Juga

Jepang menjadi tim terakhir yang memastikan tiket ke perempat final FIBA Asia Cup 2022. Jepang lolos setelah mengalahkan Filipina 102-81 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2022) malam. Di perempat final, Jepang sudah ditunggu juara FIBA Asia Cup 2017 Australia.

Awal kencang menjadi kunci kemenangan Jepang. Keunggulan Jepang 32-16 pada akhir kuarter pertama bisa dijaga pada dua kuarter selanjutnya. Jepang  berhasil mempertahankan selisih 16 poin saat halftime dengan skor 50-34.

Di kuarter ketiga, kedua tim bermain dengan akurasi tinggi. Filipina membuat Jepang tak nyaman, meski unggul dua digit. Kuarter akhir Jepang memimpin 77-63. Filipina akhirnya habis di kuarter akhir. Permainan rotasi bola cepat dengan banyak opsi poin dari Jepang, membuat tim berjuluk Akatsuki Five memastikan langkah ke perempat final dengan skor kemenangan triple digit. 

Tim asuhan Tom Hovasse memaksimalkan 17 turn over Filipina sepanjang laga menjadi 23 poin. Ini menutupi akurasi tembakan tiga angka sebesar 37,1 persen, 13 kali masuk dari 35 percobaan, yang rendah untuk ukuran Jepang. Akatsuki Five juga memasukkan 23 free throw dari 25 kesempatan yang didapatkan.

Sayangnya, kemenangan Jepang ini memakan korban. Pemain andalan Jepang Yuta Watanabe menderita cedera engkel pada kuarter ketiga. 

"Buruk, kaki saya engkelnya bengkak. Lihat saja nanti apakah saya bisa bermain pada game selanjutnya," kata pemain klub NBA Toronto Raptors ini.

Yuta menyelesaikan pertandingan dengan nyaris mencetak dobel-dobel lewat 15 poin 9 rebound. Skor tertinggi Jepang dihasilkan point guard Yuki Togashi dengan 18 poin plus 6 assist. Pemain naturalisasi Luke Evans mencetak 17 angka.

Dari Filipina, Bobby Ray Parks mencetak 16 poin, disusul Kiefer Ravena dengan 15 angka, serta Carl Vincent Tamayo dengan 10 poin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement