Jumat 26 Aug 2022 07:23 WIB

MU Lepaskan Upaya Terakhir Gaet Titisan Neymar dari Ajax

Sang pemain sudah tak ikutan latihan Ajax dalam beberapa hari terakhir.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Antony dari Ajax.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Antony dari Ajax.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Setelah dikabarkan menyerah untuk mendapatkan Antony, Manchester United (MU) malah kembali dengan upaya terakhir. Dalam proposal kedua sebelumnya, MU mundur lantara harga yang diminta Ajax terlalu tinggi. Namun, setelah melihat hasil dua pertandingan pertama Liga Primer Inggris yang berujung kekalahan, Iblis Merah kembali dengan upaya terakhir.

Klub milik keluarga Glazer itu siap untuk memenuhi tantangan harga yang disebut oleh raksasa Eredivisie Belanda tersebut, yaitu sebesar 84 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,47 triliun. Antony, yang disebut-sebut sebagai titisan Neymar, memang telah menjadi target prioritas Erik ten Hag untuk memperkuat lini serang MU, yang masih memiliki celah di sisi sayap kanan. 

Baca Juga

Dikutip dari The Sun, Kamis (25/8), raksasa Liga Inggris itu yakin bisa mendapatkan kesepakatan, usai menyodorkan proposal sebesar 74 juta poundsterling, ditambah 10 juta pound dengan variabel lain untuk pemain berusia 22 tahun tersebut. Sehingga proposal ini tidak akan bisa membuat Ajax mengelak lagi untuk menolak dana sebesar itu.

''Manchester United belum memasukan proposal penawaran resmi yang baru untuk Antony. Tapi itu akan segera dikirim ke Ajax, hanya soal waktu. Dia dipertimbangkan oleh dewan/Ten Hag sebagai target prioritas dibandingkan yang lain,'' kata pakar transfer, Fabrizio Romano, dalam akun Twitternya. 

Jika berhasil, artinya MU telah mengeluarkan dana sebesar 205,2 juta pound atau sekitar RP 3,6 triliun selama bursa transfer musim panas. Terbaru, United mendatangkan gelandang Real Madrid, Casemiro, setelah dibeli seharga 60 juta pound. Sebelumnya, mereka juga mendapatkan bek tengah Lisandro Martinez seharga 48,3 juta pound dari Ajax. Sementara pembelian pertama dilakukan terhadap Tyrell Malacia dari Feyenoord dengan banderol 12,9 juta pound. Di sisi lain, kedatangan Christian Eriksen dilakukan dengan status bebas transfer. 

Sementara itu, total pembelian Antony, jika berhasil, hanya berjarak 1 juta pound dari rekor pembelian klub untuk Harry Maguire seharga 85 juta pound. Tapi kedatangan Martinez ke Old Trafford justru mengorbankan posisi Eric Bailly. Akibatnya, Bailly dipinjamkan ke Marseille selama satu musim. Marseille akan membayar penuh gaji pemain berusia 28 tahun tersebut selama berada di Stade Velodrome. 

Namun, klub Ligue 1 Prancis itu punya kewajiban membeli Bailly secara permanen pada musim panas 2023, seharga 5,1 juta pound, berdasarkan penampilan dan apakah Marseille lolos ke Liga Champions. Keputusan MU ini cukup mengejutkan. Sebab Bailly merupakan bek tangguh yang kerap mendapatkan pujian setiap kali tampil.

Bailly didatangkan Jose Mourinho ke Manchester United dari Villarreal pada musim panas 2016. Pemain internasional Pantai Gading itu telah tampil 113 kali untuk klub dan mencetak satu gol. Ia pernah membantu MU memenangkan Piala Liga dan Liga Europa di musim pertamanya. 

Namun performanya kian menurun usai dihantam cedera. ''Eric kami harapkan melakukan yang terbaik untuk musim yang akan datang dan kami akan terus mengikuti perkembangannya dari dekat,'' jelas MU, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Skysports

Di sisi lain, Harry Maguire maupun Phil Jones justru masih aman di skuad Erik ten Hag. Maguire, yang dihujani kritik musim lalu, sempat dikabarkan menarik minat Chelsea. Tapi United lebih memilih mempertahankan mantan pemain Leicester City tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement