Selasa 18 Oct 2022 08:47 WIB

Jadi Peraih Ballon d'Or Tertua Kedua Sepanjang Sejarah, Benzema: Umur Hanya Angka

Rekor peraih Ballon d'Or tertua masih digenggam Sir Stanley Matthews asal Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Real Madrid Karim Benzema memenangkan Ballon d'Or 2022.
Foto: Twitter
Striker Real Madrid Karim Benzema memenangkan Ballon d'Or 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Karim Benzema akhirnya menggondol penghargaan Ballon d'Or untuk pertama kali sejak memulai kiprah sebagai pesepak bola profesional pada 2004 silam. Penyerang asal Prancis itu dinobatkan sebagai pesepak bola pria terbaik sejagat pada tahun 2022.

Benzema berada di urutan teratas dalam daftar pemain yang berhak meraih trofi Ballon d'Or 2022. Striker Real Madrid itu mengungguli Sadio Mane dan Kevin de Bruyne yang berada di urutan kedua dan ketiga secara beruntun. Sementara Robert Lewandowski harus puas berada di peringkat keempat.

Baca Juga

Ini menjadi trofi Ballon d'Or pertama Benzema setelah sembilan kali masuk nominasi penghargaan keluaran France Football tersebut. Selain itu, Benzema juga menjadi pemain asal Prancis berikutnya yang menerima penghargaan Ballon d'Or setelah Zinedine Zidane pada 1998 silam.

Eks penyerang Olimpique Lyon itu sekaligus menjadi pesepak bola asal Prancis kelima yang menyabet salah satu gelar individu paling bergengsi di pentas sepak bola profesional tersebut. Dengan keberhasilan meraih Ballon d'Or 2022, Benzema mengikuti jejak Raymond Kopa, Michel Platini, Jean-Pierre Papin, dan Zinedine Zidane.

Tidak berhenti sampai di situ, dalam usia 34 tahun, Benzema tercatat sebagai pesepak bola tertua kedua yang berhasil meraih Ballon d'Or. Hingga saat ini, rekor peraih Ballon d'Or tertua masih digenggam legenda sepak bola asal Inggris, Sir Stanley Matthews, yang meraih Ballon d'Or dalam usia 41 tahun pada 1956 silam.

Benzema pun menegaskan, raihan Ballon d'Or 2022 tidak akan menghentikan tekadnya untuk terus berkiprah di pentas sepak bola profesional.

''Umur hanyalah sebuah angka. Saya masih terus merumput dan memiliki semangat. Ini menjadi salah satu motivasi untuk terus melaju dan tidak menyerah. Penghargaan seperti ini yang membuat mimpi tetap hidup,'' ujar Benzema seperti dikutip Eurosports, Selasa (18/10/2022).

Seremoni penghargaan Ballon d'Or 2022 digelar di Theather du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (17/10/2022) waktu setempat. Terhitung untuk tahun ini dan seterusnya, penilaian untuk peraih gelar Ballon d'Or dilakukan dari 1 Agutus 2021 hingga 31 Juli 2022 atau mengikuti satu musim kompetisi sepak bola.

Rentang waktu penilaian ini berbeda dibanding edisi gelaran Ballon d'Or sebelumnya, yang biasanya digelar dari Januari atau Desember atau berdasarkan hitungan kalender. Pada sepanjang periode penilaian Ballon d'Or tahun ini, Benzema memang tampil begitu impresif.

Pada sepanjang musim lalu, Benzema sukses mengemas 44 gol dan 12 assist dari 46 penampilan di semua ajang. Gelar top skorer La Liga Spanyol musim lalu pun mampu direngkuh Benzema usai mengakhiri La Liga dengan koleksi 27 gol.

Tidak hanya itu, eks penyerang Olimpique Lyon itu juga melengkapi capaian individu tersebut dengan persembahan gelar juara La Liga dan trofi Liga Champions buat Real Madrid.

Baca juga : Presiden Jokowi-Presiden FIFA akan Bertemu Hari Ini di Jakarta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement