Rabu 26 Oct 2022 04:06 WIB

Jonatan Manfaatkan Shuttlecock Berat untuk Atasi Vittinghus di French Open

Jonatan melaju ke babak kedua French Open usai mengalahkan Hans-Kristian Vittinghus.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Shuji Kajiyama
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi shuttlecock yang berat pada turnamen bulu tangkis French Open 2022 dimanfaatkan oleh wakil Indonesia Jonatan Christie untuk meraih kemenangan pada babak pertama di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Selasa (25/10/2022). Jonatan mengalahkan Hans-Kristian Solberg Vittinghus dari Denmark dua gim langsung 21-19, 21-14.

Menurut pemain unggulan kedelapan itu, ia berusaha memanfaatkan kondisi shuttlecock tersebut untuk membuat Vittinghus kelelahan dengan memainkan reli-reli panjang sebelum dimatikan lewat serangan mendadak.

Baca Juga

"Saya merasa bola lebih berat, jadi sebisa mungkin saya mencoba menghabiskan fisiknya," kata Jonatan soal kunci kemenangannya lewat pesan tertulis PP PBSI, Rabu (26/10/2022).

Jonatan menilai berat shuttlecock di Paris dan Denmark Terbuka pekan lalu sangat berbeda. Shuttlecock di Denmark terasa lebih ringan sehingga terasa nyaman untuk melakukan reli cepat atau smes.

"Sekarang di sini shuttlecock agak berat. Karena itu sebisa mungkin saya buat lawan kelelahan. Yang penting kuncinya saya bermain sabar dan sebisa mungkin mengurangi kesalahan sendiri," kata Jonatan.

Keberhasilan Jonatan melewati babak 32 besar French Open menjadi pengulangan kemenangan dari Denmark Open sepekan sebelumnya. Saat itu ia juga mengalahkan Vittinghus yang menjadi wakil tuan rumah dalam babak yang sama.

Kemenangan dua gim langsung di Paris itu menjadi dominasi kedua berturut-turut bagi Jonatan atas Vittinghus dalam satu bulan.

"Saya melawan pemain yang punya karakter pantang menyerah. Saya rasa tidak mudah meraih kemenangan di laga ini. Puji Tuhan bisa melewati babak pertama dengan baik. Biasanya setiap pertandingan awal tidak berjalan dengan mudah," Jonatan menuturkan.

Keletihan fisik mulai dirasakan oleh Jonatan setelah tampil dua pekan berturut-turut dalam turnamen level BWF Super 750 di Eropa. Namun baginya yang terpenting ialah tetap fokus dan menjaga kondisi fisik agar selalu siap menghadapi pertandingan selanjutnya.

"Setelah tampil di Denmark Open rasanya lelah juga, tapi saya rasa seluruh pemain juga merasakan hal yang sama. Setelah ini saya mau pemulihan agar besok bisa lebih prima," kata Jonatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement