Senin 31 Oct 2022 10:41 WIB

Aston Villa Siap Dukung Anggaran Belanja Unai Emery di Jendela Transfer Januari

Emery bergabung dengan Villa meskipun sukses di Villarreal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih baru Aston Villa Unai Emery.
Foto: AP/Antonio Calanni, File
Pelatih baru Aston Villa Unai Emery.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aston Villa dilaporkan akan mendukung Unai Emery di jendela transfer Januari saat pelatih Spanyol itu bersiap untuk mulai bekerja di klub barunya pada Selasa (1/11/2022). Pria berusia 50 tahun itu diangkat sebagai manajer baru Villa  menggantikan Steven Gerrard yang telah dipecat.

Emery bergabung dengan Villa meskipun sukses di Villarreal, di mana ia membawa tim Spanyol ke semifinal Liga Champions tahun lalu. Pemilik Villa, Nassef Sawiris dan ‎Wes Edens, ingin melihat timnya kembali ke kompetisi Eropa. Mereka melihat rekam jejak Emery yang luar biasa, terlihat cocok untuk tugas khusus itu. Emery  akan mewarisi skuad yang telah dirakit dengan mahal, tetapi masih berkinerja buruk.

Baca Juga

Villa berakhir di peringkat ke-14 musim lalu meskipun pemilik menghabiskan 116 juta poundsterling di musim panas dan jendela Januari. Faktanya, sejak mendapatkan promosi kembali ke papan atas pada tahun 2019, NSWE telah mengeluarkan lebih dari 400 juta poundsterling untuk biaya transfer saja.

Namun pengeluaran mereka akan berlanjut karena Emery akan membentuk timnya dalam beberapa bulan mendatang. Prioritas Emery adalah meningkatkan pemain Villa saat ini karena banyak dari mereka tidak akan bekerja dengan pelatih elite yang begitu teliti dalam apa yang dia tuntut dari timnya.

Emery hanya memiliki pengalaman singkat di Liga Primer saat ia dipecat oleh Arsenal 18 bulan setelah bergabung dengan klub. Pada waktu itu ia menghabiskan sekitar 200 juta poundsterling untuk membantu The Gunners membentuk kembali tim mereka setelah keluarnya Arsene Wenger pada 2018.

Namun, ada pola dalam perekrutan Emery. Mayoritas rekrutannya adalah semua pemain yang belum sepenuhnya jadi. Faktanya, delapan dari mereka tidak lebih dari 28 tahun sekarang. Nicolas Pepe, yang mendapat bayaran besar saat itu, masih berusia 27 tahun, Lucas Torreira berusia 26 tahun, Denis Suarez 28 tahun, dan Dani Ceballos 26 tahun.

Pemain tetap tim utama saat ini William Saliba dan Gabriel Martinelli juga ditandatangani di bawah Emery, seperti halnya Kieran Tierney. Sekarang di Marseille, Matteo Guendouzi masih berusia 23 tahun dan gelandang Prancis itu menikmati waktunya di bawah mantan bos Arsenal itu.

Setelah Villarreal mengangkat trofi Liga Europa, Guendouzi menulis di Twitter, "Perjalanan yang luar biasa! sepak bola ini…sangat cerdas dan elegan! Anda membuat impian seluruh kota, klub, tim, dan semua penggemar menjadi kenyataan!" 

"Anda melakukannya! Anda tahu cara memenangkan piala! Angkat topi Monsieur Emery. Anda sangat unik," tulisnya dikutip dari Birmingham Mail.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement