Selasa 20 Dec 2022 12:32 WIB

Ini Alasan Shin Tetapkan 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022

Shin Tae-yong memilih pemain berdasarkan kebutuhan tim.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pemainnya,
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pemainnya,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia sedang bersiap untuk bersaing di kejuaraan Piala AFF 2022 yang digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Skuad Merah Putih tergabung dalam Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina.

Menjelang turnamen tersebut, Shin Tae-yong resmi merilis 23 nama pemain yang akan membela timnas Indonesia selama kejuaraan. Namun, mengingat kejuaraan ini tidak masuk dalam kalender Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), pelatih asal Korea Selatan itu harus rela kehilangan dua pemain naturalisasinya, Elkan Baggott dan Sandy Walsh, karena tidak dilepas oleh klub masing-masing.

Baca Juga

Sandy yang sempat mengikuti pemusatan latihan (TC) di Bali selama beberapa waktu lalu, kini telah kembali ke klubnya di Liga Belgia, KV Mechelen. Hal serupa juga dilakukan Elkan, ia akan bertahan di klubnya, Gillingham FC, lantaran ada jadwal pertandingan di Liga Inggris. Kendati demikian, Shin tetap percaya dengan kemampuan 23 pemain yang telah dipilih untuk membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

"Para pemain telah menunjukkan perkembangan yang bagus selama pemusatan latihan di Bali. Kami memilih pemain sesuai kebutuhan tim," kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (19/12/2022). "Para pemain telah siap mengikuti Piala AFF 2022. Masih ada beberapa hari lagi untuk mematangkan taktik dan strategi jelang laga perdana melawan Kamboja."

Laga perdana tim asuhan Shin Tae-yong di Grup A adalah menjamu Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022).

"Kami optimistis dengan nama-nama pemain yang dipilih pelatih Shin Tae-yong mampu membawa Indonesia meraih juara Piala AFF 2022. Saya berharap pemain terus kerja keras, disiplin, dan berjuang maksimal," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Menurut Iriawan, PSSI akan memberikan dukungan penuh untuk timnas Indonesia. Apalagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah memberikan izin kehadiran penonton untuk dua pertandingan kandang di babak penyisihan. "Tentu ini menambah motivasi dan semangat juang pemain," jelasnya.

Iriawan optimistis Indonesia bisa meraih gelar juara pada Piala AFF 2022. Ia mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar skuad Garuda bisa meraih gelar yang sudah lama diidam-idamkan. "Mohon doanya semua teman-teman dan rakyat Indonesia. Kita berjuang untuk bisa juara Piala AFF," kata dia.

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia ke Piala AFF 2022:

- Nadeo Argawinata -- Bali United

- Muhammad Riyandi -- Persis Solo

- Syahrul Fadillah -- Persikabo 1973

- Rizky Ridho -- Persebaya Surabaya

- Pratama Arhan -- Tokyo Verdy

- Jordi Amat -- Johor Darul Takzim

- Asnawi Mangkualam -- Ansan Greeners

- Fachruddin Aryanto -- Madura United

- Edo Febriansyah -- Rans Nusantara FC

- Hansamu Yama -- Persija

- Rachmat Irianto -- Persib Bandung

- Marselino Ferdinan -- Persebaya Surabaya

- Ricky Kambuaya -- Persib Bandung

- Syahrian Abimanyu -- Persija Jakarta

- Yakob Sayuri -- PSM Makassar

- Marc Klok -- Persib Bandung

- Witan Sulaeman -- AS Trencin

- Saddil Ramdani -- Sabah FC

- Egy Maulana Vikri -- Vion Zlaté Moravce

- Muhammad Rafli -- Arema FC

- Ilija Spasojevic -- Bali United

- Ramadhan Sananta -- PSM Makassar

- Dendy Sulistyawan -- Bhayangkara FC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement