Senin 02 Jan 2023 07:45 WIB

Ternyata, Wenger Sempat Berencana Boyong Odegaard Kala Masih Tangani Arsenal

Wenger bersyukur Odegaard kini benar-benar memperkuat Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Arsenal Martin Odegaard beraksi saat pertandingan sepak bola Liga Inggris beberapa waktu lalu.
Foto: AP/Frank Augstein
Pemain Arsenal Martin Odegaard beraksi saat pertandingan sepak bola Liga Inggris beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, pernah berusaha memboyong Martin Odegaard pada 2014 silam. Saat itu, Odegaard masih berusia sekitar 15 tahun dan belum genap setahun dipercaya menghuni tim utama klub asal Norwegia, Stormgodset.

Pada Desember 2014, tepatnya pasca-gelaran Liga Norwegia, Odegaard memang mendapatkan kesempatan berlatih bersama sejumlah tim utama klub besar Eropa, seperti Liverpool dan Bayern Muenchen. Tidak hanya itu, Odegaard juga diketahui sempat mengunjungi kompleks latihan Arsenal di Colney, London.

Baca Juga

Kesempatan itu tidak mau dilewatkan oleh Wenger, yang saat itu masih menukangi the Gunners. Pelatih asal Prancis itu langsung membujuk penggawa timnas Norwegia itu untuk bergabung bersama klub asal London Utara tersebut. Tidak hanya itu, Wenger juga sempat kembali membujuk Odegaard pasca laga Boxing Day.

''Saat dia berusia 15 tahun, saya berbicara dengannya soal kemungkinan bergabung bersama Arsenal. Kemudian, saya kembali berbicara dengannya setelah laga Boxing Day. Saya benar-benar berharap untuk bisa mendatangkannya,'' kata Wenger dalam wawancara dengan salah satu media asal Norwegia, TV2, dikutip Marca, Selasa (2/1/2023).

 

Namun, pada Januari 2015, Odegaard mengambil keputusan berbeda. Odegaard lebih memilih menerima pinangan Real Madrid. Kabarnya, Los Blancos menggelontorkan dana transfer hingga mencapai tiga juta euro demi bisa memboyong Odegaard dari Stormgodset.

Wenger, yang masih tercatat sebagai pelatih terlama yang menukangi Arsenal, itu akhirnya bersyukur Odegaard kini benar-benar memperkuat the Gunners. Wenger pun menilai, potensi yang dimiliki Odegaard mirip dengan kualitas permainan yang ditunjukan Cesc Fabregas pada saat sama-sama menginjak usia remaja.

''Beruntung, kini dia sudah bersama tim ini. Dia seperti Cesc Fabregas muda. Dia juga berkembang dengan baik dan menjadi pemain yang lebih komplet. Pengambilan keputusannya di atas lapangan begitu luar biasa. Dia juga menjadi pemimpin di tim ini,'' ujar Wenger.

Odegaard mulai mengenakan seragam the Gunners pada paruh kedua musim 2020/2021 sebagai pemain pinjaman dari Madrid. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, cukup puas dengan performa Odegaard dan meminta manajemen klub untuk merekrutnya secara permanen pada awal musim 2021/2022.

Odegaard direkrut dengan nilai transfer mencapai 35 juta poundsterling, termasuk berbagai bonus. Odegaard pun terus menjelma menjadi andalan utama the Gunners dalam membangun serangan, tidak terkecuali pada musim ini.

Dengan torehan tujuh gol, Odegaard merupakan salah satu top skorer Arsenal di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Secara keseluruhan, pemain yang ditunjuk sebagai kapten Arsenal pada awal musim itu telah mengemas tujuh gol dan lima assist dari 21 penampilan di semua ajang.

Klasemen Liga Inggris 2023/2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 7 6 0 1 17 12 18
2 Tottenham Tottenham 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Liverpool Liverpool 7 5 1 1 16 9 16
5 Aston Villa Aston Villa 7 5 0 2 18 7 15
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement