Jumat 06 Jan 2023 07:27 WIB

11 Pemain Timnas Vietnam Punya Nama yang Sama, Kok Bisa?

Enam di antaranya bahkan mengisi skuad utama Timnas Vietnam.

Para pemain Timnas Vietnam melakukan sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/1/2023). Babak semifinal leg pertama piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Jumat (6/1/2023). Republika/Prayogi
Foto: Republika/Prayogi.
Para pemain Timnas Vietnam melakukan sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/1/2023). Babak semifinal leg pertama piala AFF 2022 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Jumat (6/1/2023). Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sisi menarik yang bisa dikupas jelang laga akbar Indonesia Vs Vietnam di SUGBK, Jakarta Jumat (6/1/2022) pukul 16.30 WIB nanti. Untuk semifinal Piala AFF 2022 itu, Vietnam membawa lebih dari 10 pemain dengan nama yang mirip.

Tepatmya, total ada 11 pemain, yang memiliki nama 'Nguyen'. Nama tersebut setidaknya tersemat di belakang, tengah, bahkan depan alias menjadi nama utama.

Baca Juga

Mereka adalah Trần Nguyên Mạnh (kiper), Nguyễn Thanh Bình (bek), Nguyễn Phong Hồng Duy (bek), Nguyễn Văn Toàn (striker), Nguyễn Văn Quyết (gelandang), Nguyễn Tuấn Anh (gelansang) Nguyễn Hoàng Đức (gelandang), Nguyễn Thành Chung (bek), Nguyễn Quang Hải(geladang), Nguyễn Văn Toản (kiper), dan Nguyễn Tiến Linh (striker).

Dari 11 nama tersebut, enam di antaranya tercatat selalu mengisi posisi utama di skuad besutan pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo itu. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi.

Sebenarnya, ini berkenaan dengan budaya di Vietnam sendiri. Nama Nguyen sangat pouler di sana selama 100 tahun belakangan.

Dalal sejarahnya, seseorang bernama Nguyen datang berkuasa pada 1802, banyak orang mengubah nama mereka menjadi Nguyen. Seorang warga Hanoi, Do Quyen, mengatakan bahwa nama Nguyen datang dari Ho Chi Minh, seorang tokoh revolusi dan negarawan Vietnam, yang kemudian menjadi Perdana Menteri dan Presiden Vietnam Utara, yang juga merupakan salah satu politisi paling berpengaruh pada abad ke-20.

Sosok itu memiliki nama asli Nguyen Sinh Cung dan juga dikenal sebagai Nguyen Tat Thanh dan Nguyen Ai Quoc. Namun, dengan begitu tidak serta merta bahwa seluruh pemilik nama Nguyen memiliki hubungan darah dengan Paman Ho. 

Dari sejumlah sumber, dahulu beberapa orang dengan sengaja mengubah nama mereka menjadi Nguyen agar dianggap memiliki hubungan dengan Paman Ho untuk bersembunyi di balik kekuasaan Paman Ho.

Sementara itu, dari data situs web berbahasa Vietnam yang ditunjukkan Quyen, sebanyak 38,4 persen warga memiliki nama Nguyen. Nama tersebut berada di peringkat teratas dari 14 nama keluarga yang ada di Vietnam. Nama keluarga Quyen, yaitu Do, berada di urutan ke-10 dengan hanya digunakan 1,4 persen dari masyarakat Vietnam.

Dengan demikian, maka sebenarnya 11 pemain yang ada di skuad Timnas Vietnam belum tentu besaudara meski memiliki nama sama. 

Baca juga : Menpora Puji Peran Iwan Bule di Balik Peningkatan Performa Timnas, Tepatkah?

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement