Selasa 10 Jan 2023 09:57 WIB

Merasa Sudah Puas, Pelatih Vietnam Enggan Komentari Lagi Soal Shin Tae-yong

Park telah menegaskan keunggulannya atas Shin Tae-yong.

Pemain-pemain Vietnam dan Indonesia bersitegang pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023).
Foto: AP Photo/Nguyen Manh Quan
Pemain-pemain Vietnam dan Indonesia bersitegang pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo enggan mengomentari unggahan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong yang memperlihatkan tekel-tekel keras pemain Vietnam Doan Van Hau di akun Instagram pribadinya @shintaeyong7777 pada Ahad (8/1/2023).

"Saya tidak aktif di media sosial. Jadi saya tidak bisa mengomentari soal itu," kata Park di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023).

Baca Juga

Sebagai pelatih, Park Hang-seo memahami kekhawatiran ShinTae-yong sebelum pertandingan.

Namun, juru taktik berusia 64 tahun itu menyebut bahwa unggahan Shin itu bisa mempengaruhi sikap pemain Indonesia terhadap Doan Van Hau.

"Sebagai pelatih kepala, saya dan pelatih Shin mempunyai kekhawatiran sendiri terhadap pertandingan yang biasanya hilang begitu laga usai. Akan tetapi, saya pikir tidak terlalu bagus kalau ada sikap lanjutan terhadap pemain lawan," kata Park menambahkan.

Sebelum Vietnam dan Indonesia bersua di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, sosok Doan Van Hau mendapatkan sorotan karena dianggap beberapa kali bermain keras baik di fase grup dan leg pertama babak empat besar di Jakarta, tetapi lolos dari jerat kartu wasit.

Akan tetapi, saat laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 kontra Indonesia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023), tuntas, Park Hang-seo bisa merasa lega lantaran tidak ada yang insiden serius yang melibatkan Doan Van Hau.

Meski begitu, sempat ada dua momen Doan Van Hau, yang berposisi bek kiri, dan bek kanan Indonesia Asnawi Mangkualam berbenturan. Salah satunya bahkan mengakibatkan beberapa pemain, termasuk pelatih Park Hang-seo sendiri, terprovokasi.

Doan Van Hau dan Asnawi Mangkualam pun mendapatkan masing-masing satu kartu kuning pada laga yang dimenangkan Vietnam dengan skor 2-0 itu. Kedua gol Vietnam dicetak oleh penyerang Nguyen Tien Linh.

Hasil positif tersebut membawa Vietnam melaju ke final Piala AFF 2022.

Itu menjadi final keempat Vietnam sepanjang sejarah Piala AFF setelah 1998, 2008 dan 2018. Dari tiga partai puncak itu, Vietnam dua kali keluar sebagai kampiun yakni pada 2008 dan 2018.

Di final Piala AFF 2022, Vietnam akan menghadapi pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand versus Malaysia itu digelar di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand, Selasa (10/1/2023). Pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand tunduk 0-1.

Adapun bagi timnas Indonesia, kekalahan dari Vietnam membuat mereka gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022. Indonesia belum pernah menjadi kampiun di Piala AFF sejak turnamen itu pertama kali bergulir pada 1996.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement