Senin 16 Jan 2023 21:36 WIB

Nadal Menang di Putaran Pertama, Kyrgios Mundur karena Cedera

Nadal sebelumnya menelan kekalahan enam kali dari tujuh pertandingan terakhirnya.

Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal.
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis putra asal Spanyol Rafael Nadal memulai upayanya dalam mempertahankan gelar Australian Open 2023 dengan kemenangan empat set atas Jack Draper dari Inggris, sementara andalan tuan rumah Nick Kyrgios tersingkir karena cedera.

Nadal, 36 tahun, yang pada US Open 2022 tersingkir di babak 16 besar, sempat dalam performa yang buruk untuk petenis selevelnya. Ia kalah enam kali dari tujuh pertandingan terakhirnya.

Baca Juga

Menghadapi Draper, 21, yang sedang naik daun, juara Grand Slam 22 itu kali itu mendapat ujian berat untuk memulai kiprahnya di Melbourne Park yang berada dalam cuaca terik. Namun Nadal dapat bangkit dari keterpurukan di set kedua untuk mengalahkan petenis Inggris peringkat 38 dunia itu 7-5, 2-6, 6-4, 6-1, di Rod Laver Arena.

Nadal, yang kini adalah seorang ayah, selanjutnya akan menghadapi petenis Amerika Serikat Mackenzie McDonald di putaran kedua.

"Sangat menyenangkan, awal baru, sangat senang bisa kembali ke Rod Laver dengan kemenangan yang saya butuhkan," kata Nadal setelah mengalahkan Draper seperti dikutip AFP, Senin (16/1/2023). "Beberapa bulan terakhir tidak mudah bagi saya, ini awal yang sangat positif."

Unggulan pertama Nadal masih bertanding ketika Kyrgios, petenis temperamental Australia, mengadakan konferensi pers mendadak untuk mengumumkan bahwa dia absen karena cedera lutut. "Saya sangat terpukul, jelas," kata finalis Wimbledon, yang dijagokan untuk memenangkan mahkota Grand Slam perdananya.

Australian Open tahun ini juga telah kehilangan beberapa pemain bintang sebelum dimulai. Petenis putra peringkat satu dunia Carlos Alcaraz yang cedera dan juara Melbourne dua kali Naomi Osaka -- yang sedang mengandung anak pertamanya -- adalah di antara pemain papan atas lainnya yang absen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement