Kamis 19 Jan 2023 16:03 WIB

Resmi, Orang Terkaya Inggris Ajukan Penawaran untuk Beli MU

Sosok ini merupakan penggemar MU sejak kecil.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang kini menetap di Monako.
Foto: EFE/THIERRY CARPICO
Sir Jim Ratcliffe orang terkaya Britania Raya yang kini menetap di Monako.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Perusahaan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, Ineos secara resmi menyatakan minatnya membeli klub Manchester United. Keluarga Glazer mengatakan pada November tahun lalu bahwa sedang mempertimbangkan menjual klub. Dikutip dari BBC International, Kamis (19/1/2023) Ineos secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon pembeli MU.

Ratcliffe gagal dengan penawaran 4,25 miliar Poundsterling atau sekitar lebih dari Rp 74 triliun untuk membeli Chelsea tahun lalu. Kini ia mencoba peruntungan untuk membeli Setan Merah.

Baca Juga

Ratcliffe lahir dari seorang keluarga tukang kayu di Failsworth, di Greater Manchester. Ia merupakan penggemar MU sejak kecil dan salah satu orang terkaya di Inggris. Kekayaan pribadinya diperkirakan antara 11 miliar Poundsterling atau sekitar Rp 205 triliun menurut Forbes dan 6 miliar Poundsterling atau sekitar Rp 111 triliun menurut Sunday Times. Dia adalah orang terkaya ke-27 di Inggris menurut Sunday Times.

Perusahaan petrokimia miliknya, Ineos menghasilkan sekitar 50 miliar Poundsterling dalam penjualan tahunan dan mempekerjakan lebih dariu 26 ribu orang di 29 negara. Menyusul kegagalannya mengakuisisi Chelsea, Ratcliffe mengatakan dia akan mencoba membeli United tetapi, setelah bertemu dengan saudara laki-laki Joel dan Avram Glazer, dia menyatakan bahwa mereka tidak ingin menjualnya.

Namun, sejak saat itu Glazers telah mengubah pendiriannya dan dia kini telah bergabung dalam proses penawaran. Grup Ineos memiliki klub Ligue 1 Prancis Nice dan klub Swiss Lausanne.

Portofolio olahraga mereka juga mencakup tim layar papan atas Ineos Britannia yang dipimpin oleh Sir Ben Ainslie dan bertujuan untuk memenangkan Piala Amerika 2024 untuk Inggris Raya. Ineos juga memiliki kemitraan lima tahun dengan tim Formula 1 Mercedes dan mengambil alih Team Sky yang berbasis di Inggris dalam balap sepeda pada 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement