Sabtu 28 Jan 2023 05:20 WIB

Sambil Tersenyum, Scholes: Gol ke Gawang Barca 2008 Sebenarnya Hasil Tendangan Melenceng

Scholes mengakui, maksud tendangan dia awalnya bukanlah begitu.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda Manchester United Paul Scholes.
Legenda Manchester United Paul Scholes.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Paul Scholes mungkin tidak berada di urutan teratas dalam sejumlah daftar rekor pemain di sepanjang sejarah Manchester United. Namun, soal kontribusi dan loyalitas terhadap United, rasanya tidak ada yang bisa meragukan pemain yang membela Setan Merah selama dua dekade tersebut.

Beroperasi di lini tengah. Scholes kerap dianggap sebagai nyawa permainan Setan Merah. Tidak hanya mampu menjaga keseimbangan permainan, mantan gelandang jebolan akademi sepak bola United itu juga mampu memberikan kontribusi maksimal berupa torehan gol.

Baca Juga

Selama 20 tahun membela United dan tampil di 714 laga di semua ajang, Scholes tercatat telah menyumbang 153 gol. Mantan gelandang Timnas Inggris itu kerap mencetak gol via sepakan keras dari luar kotak penalti. Lewat skema itu pula, Scholes sempat menjadi pahlawan kemenangan United, tepatnya di babak semifinal Liga Champions musim 2008/2009.

Kala itu, United berhadapan dengan klub raksasa asal Spanyol, Barcelona. Bermain imbang, 0-0, di leg pertama saat merumput di Stadion Camp Nou, United akhirnya melaju ke babak final usai membungkam Barca, 1-0, di Stadion Old Trafford. Gol kemenangan United itu dicetak Scholes pada menit ke-14.

Sukses mendapatkan bola di depan kotak penalti menyusul kesalahan Gianluca Zambrotta dalam membuang bola, Scholes langsung melepaskan tendangan geledek dengan kaki kanan tepat di depan kotak penalti Blaugrana. Bola kemudian bersarang mulus di pojok atas gawang tanpa bisa dihalau Victor Valdes, kiper Barca pada saat itu.

Kendati begitu, gol ini ternyata lahir dari sebuah kesalahan. Dalam wawancara dengan mantan rekan setimnya, Garry Neville, Scholes mengaku tidak pernah bermaksud mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang. Melepaskan sepakan dengan kaki bagian luar, Scholes justru berharap bola bisa bergerak ke arah tengah atau ke arah sebaliknya.

''Itu sebenarnya salah tendang. Saya menendang dengan menggunakan kaki bagian luar. Saat Anda menendang seperti itu, bola seharusnya bisa mengarah ke tengah atau ke sudut lainnya. Saya mungkin bisa mengarahkan bola ke gawang, tapi saya tidak mengira bola bakal bersarang di sana (pojok kanan atas),'' ujar Scholes dalam unggahan video di akun Overlap, Jumat (27/1/2023).

Terlepas dari kesalahan tersebut, Scholes mengakui, gol itu menjadi salah satu gol terpenting yang pernah dicetaknya buat Setan Merah. ''Tentu, itu menjadi gol paling penting yang pernah saya cetak buat United,'' kata peringkat ketiga dalam daftar pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah United tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement