Sabtu 28 Jan 2023 06:42 WIB

Penyelenggara Ragam Olahraga Bergengsi Dunia akan Berkumpul di Sportel Rendez-Vous Bali

Olahraga diyakini akan jadi tontonan nomor satu di Indonesia.

Sportainment (ilustrasi). Olahraga diyakini akan menguasai dunia penyiaran.
Foto: www.freepik.com
Sportainment (ilustrasi). Olahraga diyakini akan menguasai dunia penyiaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk pertama kalinya, pameran dan pertemuan para penyelenggara olahraga elite dunia, Sportel akan diselenggarakan di Indonesia. Sportel, akan menyapa Asia di Bali pada 23-24 Februari 2023.

Selain menjadi pameran dan tempat pertemuan olahraga, termasuk federasi cabang-cabang olahraga, bertaraf internasional, Sportel menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk terhubung kembali dan menjalankan bisnisnya dengan para pemimpin bisnis olahraga utama dari pasar Asia-Pacific (APAC).

Baca Juga

Indonesia, sebagai pemilik lokasi yang strategis kali ini terpilih menjadi tuan rumah Sportel Rendez-vous, setelah empat tahun absen di pasar Asia yang terakhir kali diadakan pada 2019 di Makau.

Sebagai populasi terbesar keempat di dunia dan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat, pasar Indonesia juga memiliki minat terhadap olahraga dan teknologi yang juga sangat besar. 

Data menunjukkan, pasar APAC berkembang pesat dengan total pendapatan OTT sebesar 49,2 Miliar dollar AS pada tahun 2022 dan pendapatan media olahraganya diprediksi akan terus tumbuh sebesar 6% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Memiliki prioritas utama untuk selalu memberikan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan kliennya, Sportel telah mempersiapkan rangkaian program yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dari banyaknya pilihan pameran dan sponsor yang akan tersedia. 

Tata lokasi dari booth yang tersedia juga telah diatur dan disesuaikan dalam satu ballroom yang luas untuk memaksimalkan lalu lintas serta jaringan dan peluang bisnis yang akan terjadi. Empat pekan sebelum kick-off acara, banyak decision makers, pemegang hak siar hingga pemain baru dalam industri olahraga dan kreatif dari Asia dan Oceania yang akan turut serta dalam rangkaian Sportel Rendez-vous Bali ini, yang meliputi, Asia-Pacific Broadcasting Union, CAA eleven, CJ ENM, Cubmu, Culver Max Entertainment, EMTEK, Enveu, Football Marketing Asia, Fox Sports, Ideal Systems, IEG, IMG, Infront Pan-Asia, MNC, Paramount, Sport Five Asia, Stan, Vietcontent, Vidio, TransTV, dan masih banyak lagi yang akan mengkonfirmasi keikutsertaannya di bulan Februari mendatang.

"Selain itu, berbagai perusahaan besar asal Eropa dan Amerika juga turut hadir untuk mengembangkan peluang bisnis baru, jaringan dan membuat kesepakatan dalam acara ini. Perusahaan tersebut meliputi Bundesliga, Dorna Sports, FIFA, Formula E, Komite Olimpiade Internasional, LaLiga, Serie A, NBA, Spanish Basketball League, Mediapro, PGA Tou," kata Peter F Gontha, praktisi senior dunia penyiaran Indonesia yang turut memprakarsai digelarnya Sportel di Indonesia, pada jumpa pers di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

Mantan duta besar Indonesia untuk Polandia ini mengatakan, alasan pihaknya tertarik menawarkan Indonesia sebagai ruan rumah karena ia melihat masa depan penyiaran ada di tontonan olahraga. Menurut Direktur Utama Transvision ini, kelak olahraga adalah tontotan yang paling akan banyak dicari oleh masyarakat dunia khususnya Indonesia.

"Pergeseran ke depan, kami melihat olahraga ini yang paling berpotensi sehingga saatnya para penyelenggara ini mau kegiatannya disiarkan di pasar Asia khususnya Indonesia," kata sosok yang sudah tiga dekade lebih berkecimpung di dunia broadcaster ini.

CRO Magnifi Meghna Krishna dalam keterangannya menyampaikan, jumlah peserta kehadiran 54 persen peserta berasal dari wilayah Asia 37 persen adalah Pembeli Konten 30 persen perusahaan yang hadir adalah untuk pertama kalinya.

“Saya selalu menikmati momen saat menghadiri acara Sportel karena hanya di sini satu-satunya tempat di mana perusahaan teknologi, penyiaran, dan federasi olahraga dapat berkumpul bersama. Hal ini bukan hanya sebagai tempat untuk mencari pelanggan tetapi juga tempat terbaik untuk memahami tentang teknologi di masa depan,” ujar dia.

Nantinya, ragan kegiatan akan digelar dalam pertemuan di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali itu. Termasuk, berbagai kegiatan turnamen olahraga. Serta yang paling penting adalah hadirnya para pejabat penting penyelenggara kompetisi olahraga dunia sebagai pembicara.

Mereka yang akan hadir antara lain, Head of Media Rights Dorna Sports (MotoGP) Alex Arroyo, lalu Tom Broom, SVP, Co-Head of Media APAC, IMG, Paul Calder, Head of Media Sales, FIFA Mark Chew, Co-founder & Managing Director, Reddentes Sports, Ree+E

François DZemar, APAC Operations Director, Origins DIGITAL, kemudian Luigi De Sieevo, CEO, LEGA NAZ. Professionesti Serie A.

Adam Howarth, Head of Content Acquisitions, FOX Sports. Peer Naubert, Chief Marketing Officer, Bundesliga International GMBH, dan masih banyak lagi.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement