Rabu 01 Feb 2023 02:48 WIB

Real Madrid Memburu Gelar Berikutnya di Piala Dunia Antarklub

Flamengo kemungkinan satu-satunya lawan terkuat Madrid di Piala Dunia Antarklub.

Real Madrid dijagolan menjuarai Piala Dunia Antarklub yang mulai bergulir Rabu (1/2/2023) di Maroko.
Foto: EPA-EFE/Juanjo Martin
Real Madrid dijagolan menjuarai Piala Dunia Antarklub yang mulai bergulir Rabu (1/2/2023) di Maroko.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER-- Hanya sedikit yang mengira Real Madrid akan bersaing memperebutkan gelar Piala Dunia Antarklub sebelum tim tersebut meraih kejayaan di Liga Champions musim lalu. Pasukan Carlo Ancelotti membutuhkan comeback dramatis untuk mengalahkan Paris Saint-Germain, Chelsea, dan Manchester City sebelum mengalahkan Liverpool di final pada Mei lalu.

Itu adalah bukti lebih lanjut dari kemampuan Madrid untuk berjaya di panggung terbesar, dan itu berarti tim kuat Spanyol ini mendapat kesempatan lain untuk bersinar ketika Piala Dunia Antarklub yang diikuti tujuh tim akan dimulai Rabu (1/2/2023) di Maroko.

Baca Juga

Madrid merangetkan dinobatkan sebagai juara dunia klub untuk kedelapan kalinya. Pemenang Liga Champions 14 kali adalah favorit yang luar biasa untuk melakukan hal itu dengan juara Copa Libertadores Flamengo satu-satunya tim yang tampaknya mampu menjegal mereka di Maroko.

Sementara Seattle Sounders dapat memimpikan kemenangan bersejarah, mereka telah mendapatkan tempat di buku rekor dengan menjadi tim MLS pertama yang lolos ke Piala Dunia Antarklub. Associated Press melihat beberapa isu utama menjelang turnamen ini.

Madrid sulit dihentikan di Piala Dunia Antarklub

Tidak ada tim lain yang bisa menandingi rekor Madrid di Liga Champions dan hal yang sama berlaku di pentas dunia.

Dominasinya baru-baru ini di Eropa - mengangkat trofi Liga Champions lima kali dalam delapan tahun - telah menjadikannya reguler di Piala Dunia Antarklub, yang kemudian dimenangkannya pada 2014 dan dari 2016-2018.

Sulit untuk melihat urutan itu dihentikan di turnamen tahun ini, bahkan jika prioritas Real adalah berhasil mempertahankan gelar Liga Champions dan Liga Spanyol.

Jika ada tim yang bisa menjatuhkan Real, itu adalah Flamengo, dengan sejarah memihak Brasil.

Sembilan turnamen sebelumnya dimenangkan oleh tim Eropa, dengan tim Brasil lainnya, Corinthians, yang terakhir merebut gelar kembali ke Amerika Selatan. Itu mematahkan rentetan kemenangan Eropa selama lima tahun.

Mungkin perekrutan pelatih Eropa Vitor Pereira, dari Portugal, bisa menjadi pembeda bagi juara Copa Libertadores itu. Pereira akan menjadikan dirinya ikon klub jika dia bisa.

Ini akan menjadi gelar juara dunia kedua bagi Flamengo setelah mengalahkan Liverpool di final Piala Interkontinental pada 1981.

Pada 2019...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement