Rabu 01 Feb 2023 10:29 WIB

Rekrut Enzo, Chelsea Era Boehly Keluarkan Total Rp 9,24 Triliun untuk Belanja Pemain

Kesepakatan transfer Enzo Fernandez menjadi rekor baru di Liga Primer Inggris.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Argentina dan Benfica, Enzo Fernandez. Chelsea berhasil menggaet Enzo Fernandez pada bursa transfer Januari 2023.
Foto: AP/Jorge Saenz
Pemain timnas Argentina dan Benfica, Enzo Fernandez. Chelsea berhasil menggaet Enzo Fernandez pada bursa transfer Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea FC telah resmi mengontrak Enzo Fernandez dari Benfica. Demi mendapatkan gelandang tim nasional Argentina itu, the Blues mengeluarkan 121 juta euro atau sekitar Rp 1,96 triliun.

Itu sesuai klausul pelepasan Enzo yang ditetapkan the Eagles. Jebolan akademi River Plate itu menandatangani kontrak di Stamford Bridge berdurasi delapan setengah tahun. Kesepakatan ini menjadi rekor baru di Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Rekor pembelian termahal sebelumnya tercatat atas nama Jack Grealish. Saat mendatangkan Grealish dari Aston Villa, Manchester City mengeluarkan dana hingga 100 juta euro. Itu terjadi pada 2021 silam.

Diskusi antara Chelsea dan Benfica berlangsung alot. Setelah berbagai pertemuan, kesepakatan tercapai. Dokumen transfer ini diserahkan tepat waktu, sebelum pasar ditutup.

Enzo Fernandez berseragam the Eagles sejak Juni 2022 hingga Januari 2023. Artinya belum genap semusim. Selama periode tersebut, ia tampil dalam 29 laga di berbagai ajang, mencetak empat gol, dan menyumbang tujuh assists.

Enzo menjadi rekrutan ketujuh Chelsea di bursa transfer Januari tahun ini. Sebelumnya, the Blues mendatangkan Benoit Badiashile, David Datro Fofana, Andrey Santos, Mykhailo Mudryk, Noni Madueke, serta Malo Gusto.

"Kesepakatan ini membuat total pengeluaran Chelsea untuk mendatangkan pemain baru sejak grup investasi pimpinan Todd Boehly dan Clearlake Capital mengambil alih, menjadi lebih dari 500 juta pounds atau Rp 9,24 triliun," demikian laporan yang dikutip dari ESPN, Rabu (2/1/2023).

Tantangan berkelas menanti Enzo. Ia akan tampil di kompetisi domestik terbaik dunia. Ia bakal terlibat dalam duel berintesitas tinggi, nyaris setiap pekan.

Klubnya berada di posisi ke-10 klasemen sementara Liga Primer. Jelas, itu bukan habitat asli Chelsea. Enzo berpeluang menjalani debut saat the Blues jumpa Fulham di Stamford Bridge, London, Sabtu (4/2/2023) dini hari WIB.

Pesepak bola 22 tahun itu turut menjadi bintang timnas Argentina di Piala Dunia 2022. La Albiceleste keluar sebagai pemenang di Qatar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement