Kamis 02 Feb 2023 23:27 WIB

John Heitinga Diangkat Jadi Pelatih Ajax, Minimal Hingga Akhir Musim Ini

John Heitinga sebelumnya melath tim Jong Ajax.

John Heitinga, pelatih baru Ajax
Foto: AP/Scott Heppell
John Heitinga, pelatih baru Ajax

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Ajax mengonfirmasi mantan pemain internasional Belanda John Heitinga akan menjabat sebagai pelatih klub Amsterdam tersebut. Heitinga mneggantikan posisi Alfred Schreuder yang dipecat pekan lalu. Penunjukan Heitinga diumumkan Ajax pada Kamis (2/2/2023).

Heitinga, 39, adalah produk dari akademi muda Ajax yang kemudian bermain untuk klub Amsterdam sebagai bek sebelum pindah ke Atletico Madrid, Everton, Fulham dan Hertha Berlin. Dia telah menjadi pelatih Young Ajax, tim kedua klub, sejak awal musim ini.

Baca Juga

Heitinga akan menjadi pelatih "setidaknya" untuk sisa musim ini, kata Ajax. Perihal nominal kontrak tidak diungkapkan.

Dia menjadi pelatih sementara akhir pekan lalu ketika Ajax mengakhiri tujuh pertandingan beruntun tanpa kemenangan dengan mengalahkan Excelsior Rotterdam 4-1 untuk naik ke urutan keempat di Eredivisie, lima poin di belakang pemimpin klasemen Feyenoord.

“Kami sangat percaya pada kualitas John dan visi yang dia ungkapkan,” dalam pembicaraan dengan para pemimpin klub, kata direktur Ajax Edwin van der Sar.

Heitinga memainkan 87 pertandingan internasional untuk Belanda, termasuk final Piala Dunia 2010 di Johannesburg, di mana dia dikeluarkan dari lapangan pada perpanjangan waktu. Belanda kalah dari Spanyol 1-0.

Schreuder dipecat hanya setengah musim setelah mengambil alih kendali ketika Erik ten Hag, yang pergi untuk bergabung dengan Manchester United.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement