Ahad 05 Feb 2023 20:30 WIB

Cukur Spezia, Napoli Kian Kokoh di Puncak Klasemen Serie A

Napoli menggasak Spezia 3-0 di Liga Italia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Para pemain Napoli merayakan gol ke gawang Spezia dalam pertandingan Serie A Liga Italia, Ahad (5/2/2023).
Foto: Tano Pecoraro/LaPresse via AP
Para pemain Napoli merayakan gol ke gawang Spezia dalam pertandingan Serie A Liga Italia, Ahad (5/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LA SPEZIA -- Laju kemenangan Napoli di pentas Serie A terus berlanjut. Melawat ke markas Spezia pada giornata ke-21, I Partenopei sukses membawa pulang tiga angka usai menutup laga dengan kemenangan, 3-0, Ahad (5/2/2023) malam WIB.

Torehan gol Kvicha Kvaratskhelia dan dua gol Victor Osimhen mewarnai kemenangan Napoli di laga ini. Ini menjadi kemenangan kelima Napoli secara beruntun di pentas Serie A, dan ketiga secara beruntun di semua ajang.

Baca Juga

Tidak hanya itu, tambahan tiga angka di laga ini juga membawa klub asal Italia Selatan itu kian kokoh di puncak klasemen sementara Liga Italia. Dengan raihan 56 poin dari 21 laga, I Partenopei unggul 16 poin atas Inter Milan, yang duduk di peringkat kedua.

Meski belum tampil pada giornata ke-21, I Nerazzurri akan melakoni laga berat dalam laga tersebut. Pasalnya,  Inter Milan akan berduel dengan rival sekota mereka, AC Milan, di laga Derby della Madonnina, Senin (6/2/2023) dini hari WIB.

Jalannya pertandingan Spezia vs Napoli

Meski berstatus tim tamu, Napoli langsung mampu mengambil kendali permainan pada awal babak pertama. Tim besutan Luciano Spalletti itu terus melancarkan serangan demi serangan ke pertahanan I Bianchi, julukan Spezia. Di sisi lain, Spezia cenderung bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat.

Pola permainan ini terus bertahan hingga pertengahan babak pertama. Napoli bahkan mampu mencatatkan pengusaan bola mencapai 76 persen. Kendati begitu, para penggawa I Partenopei masih menemui kesulitan untuk bisa mencari celah di pertahanan Spezia, baik via serangan yang dibangun dari sisi sayap ataupun dari tengah. 

Gelombang serangan I Partenopei direspons Spezia dengan organisasi permainan yang rapi dan disiplin, terutama saat bertahan. Tim tamu kesulitan saat memasuki sepertiga akhir lapangan. Alhasil, pasokan bola untuk Victor Osimhen selaku ujung tombak serangan Napoli kerap tersendat.

Dari total enam tembakan yang dilepaskan para penggawa Napoli pada sepanjang babak pertama, hanya satu yang tepat mengarah ke gawang. Sementara dari kubu tim tuan rumah melepaskan tiga tembakan, tanpa satu pun tepat ke arah gawang. Hingga babak pertama usai, belum ada gol yang tercipta di Stadion Alberto Picco.

Namun, babak kedua belum genap berjalan tiga menit...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement