Selasa 14 Feb 2023 07:53 WIB

Tampil Impresif di Derbi Merseyside, Pemain Muda Liverpool Bajcetic Banjir Pujian

Bajcetic jadi pemain terbaik laga Liverpool vs Everton.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Gelandang Liverpool Stefan Bajcetic (kiri) beraksi dalam laga derby Merseyside kontra Everton.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Gelandang Liverpool Stefan Bajcetic (kiri) beraksi dalam laga derby Merseyside kontra Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Dua gol yang masing-masing dicetak Mohamed Salah dan Cody Gakpo mengantarkan Liverpool membungkam Everton 2-0 pada laga pada pekan ke-23 Liga Primer Inggris, Selasa (14/2/2023) dini hari WIB. 

Namun, bukan hanya Salah dan Gakpo yang tampil impresif dalam edisi kedua Derby Merseyside pada musim ini tersebut. Sosok Stefan Bajcetic juga dinilai memberikan kontribusi krusial dalam performa the Reds dalam laga tersebut. 

Baca Juga

Ditempatkan bersama Fabinho dan Jordan Henderson, Bajcetic diplot menggantikan posisi Thiago yang tengah mengalami cedera. Meski baru berusia 18 tahun, Bajcetic dinilai mampu terlihat bisa mengimbangi permainan para seniornya tersebut. Pun dengan ketenangan dan kemampuan Bajcetic dalam membantu serangan serta menjaga keseimbangan permainan Liverpool pada laga tersebut.

Berdasarkan catatan statistik, Bajcetic menciptakan dua peluang emas dan menjadi pemain ketiga yang paling aktif melakukan tekel. Gelandang asal Spanyol itu tercatat memenangi empat duel perebutan bola, lima kali berhasil mengambil kendali bola, dan melepaskan 10 operan sukses di sepertiga akhir lapangan.

Dengan performanya tersebut, Sky Sports menobatkan Bajcetic sebagai pemain terbaik dalam laga di Stadion Anfield tersebut. Pemain yang baru menghuni tim utama Liverpool pada musim ini tersebut pun banjir pujian, salah satunya datang dari rekan setim sekaligus pencetak gol pembuka Liverpool di laga ini, Mohamed Salah.

"Sejak dia mulai tampil bersama kami, dia menjadi salah satu pemain terbaik kami. Jadi, saya harap, dia bisa tetap menjaga kepercayaan diri ini dan mempertahankan konsistensi performa," kata Salah seperti dikutip Standard, Selasa.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp, juga memberikan sanjungan terhadap Bajcetic. Kemampuan terbesar Bajcetic, ujar Klopp, adalah kecerdikan dan ketenangan saat berada di atas lapangan. Bajcetic pun terbukti mampu melakoni posisi bermain yang baru di tim utama The Reds.

Jebolan akademi sepak bola Celta Vigo itu sebenarnya berposisi asli sebagai bek tengah. Namun, pada musim ini, Klopp mempromosikannya dari tim junior Liverpool dan menempatkannya di lini tengah. 

Pada awalnya, langkah ini sebagai upaya Klopp untuk mengatasi badai cedera di lini tengah Liverpool. Namun, Bajcetic ternyata mampu tampil impresif di posisi barunya tersebut dan telah dipercaya merumput di 20 laga di semua ajang pada sepanjang musim ini. Sempat dipercaya menempati posisi gelandang bertahan atau pemain nomor punggung enam, Bajcetic juga terbukti piawai melakoni peran sebagal gelandang tengah atau pemain nomor delapan.

''Kami sangat senang dengan kehadirannya. Dia pemuda luar biasa, sangat cerdik, dan begitu tenang. Dia bermain di posisi yang sebenarnya baru, yaitu pemain nomor delapan. Setelah itu, saya sempat bertanya, apakah dia menyukai posisi barunya tersebut, dia menjawab iya,'' tutur Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement