Selasa 14 Feb 2023 04:59 WIB

Liga Inggris: Liverpool Akhirnya Petik Kemenangan, Berjaya di Derby Merseyside

Liverpool mengalahkan Everton 2-0 lewat gol Mohamed Salah dan Cody Gakpo.

Penyerang Liverpool Mohamed Salah bersujud setelah menjebol gawang Everton dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Selasa (14/2/2023) dini hari WIB. Liverpool menang 2-0.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Penyerang Liverpool Mohamed Salah bersujud setelah menjebol gawang Everton dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Selasa (14/2/2023) dini hari WIB. Liverpool menang 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool memutus rentetan empat laga tanpa kemenangan di Liga Primer Inggris. The Reds mengakhirinya dengan kemenangan penting atas Everton dalam laga derby Merseyside. Liverpool menaklukkan Everton 2-0 lewat gol Mohamed Salah dan Cody Gakpo di Stadion Anfield, Selasa (14/2/2023) dini hari WIB.

Kemenangan ini menempatkan Liverpool di posisi sembilan dengan nilai 32 dari 21 laga, unggul satu tingkat di atas Chelsea yang mengemas nilai 31 dari 22 pertandingan.

Baca Juga

Sementara Everton masih berkutat di zona degradasi. The Toffees menempati posisi 18 dengan nilai 18 dari 22 pertandingan.

Liverpool memulai pertandingan dengan catatan tiga kekalahan dan satu hasil imbang di Liga Primer Inggris, kebobolan sembilan gol dan hanya mencetak satu gol. Sementara Everton berharap bisa membalikkan keadaan di bawah manajer baru Sean Dyche setelah kemenangan mengejutkan atas pemimpin klasemen Arsenal 1-0, pekan lalu.

Namun tim Liverpool asuhan Juergen Klopp lebih kuat dan lebih tajam dari tetangga mereka untuk meraih kemenangan pertama mereka di liga pada tahun 2023. Liverpool mungkin suluit juara, tapi masih punya secercah harapan untuk lolos ke Liga Champions.

Mereka membuntuti Newcastle United di urutan keempat dengan selisih sembilan poin dan memiliki satu pertandingan di tangan dibandingan tim asuhan Eddie Howe.

Salah membuka skor pada menit ke-36, bekerja sama dengan Darwin Nunez dalam serangan balik, tepat setelah Everton melewatkan dua peluang untuk memimpin lewat Dwight McNeil dan upaya James Tarkowski yang membentur tiang.

Pemain depan Belanda Gakpo memperlebar keunggulan Liverpool pada awal babak kedua, empat menit setelah restart. Ini merupakan gol pertama Gakpo dalam pertandingan ketujuhnya untuk Liverpool sejak bergabung dari PSV Eindhoven dengan transfer yang dilaporkan sebesar 37 juta pound. Gol ini dipercaya akan mengangkat kepercayaan diri Gakpo.

Salah, yang merupakan pencetak gol terbanyak bersama di Liga Primer musim lalu, juga akan lega karena mencetak gol pertamanya di liga sejak menjebol gawang Leicester City pada 26 Desember.

Klopp didorong oleh kembalinya striker Diogo Jota, yang membuat penampilan pertamanya sejak cedera betis pada Oktober ketika ia masuk pada menit ke-70.

Bek berpengaruh Virgil van Dijk, sementara itu, berada di bangku cadangan setelah mengalami cedera hamstring pada awal Januari.

Perjuangan Liverpool musim ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan Everton, yang bulan lalu memecat Frank Lampard, manajer ketujuh yang dipecat oleh pemilik Farhad Moshiri sejak 2017.

Penggemar Liverpool bersuka ria dalam perjuangan tetangga mereka dengan meneriakkan "Kamu akan jatuh (degradasi)" dan mengejek mereka karena tidak memenangkan trofi utama sejak 1995.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement