Selasa 14 Feb 2023 09:46 WIB

4 Fakta Menarik dari Kemenangan Liverpool pada Derbi Merseyside

Salah terlibat secara langsung dalam lebih dari 100 gol saat tampil di Anfield.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Liverpool Cody Gakpo merayakan golnya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Ini merupakan gol pertama Gakpo untuk the Reds sejak bergabung pada awal tahun 2023.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Penyerang Liverpool Cody Gakpo merayakan golnya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Ini merupakan gol pertama Gakpo untuk the Reds sejak bergabung pada awal tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool menorehkan kemenangan pertama di pentas Liga Primer Inggris pada 2023. Mohamed Salah dan Cody Gakpo sukses merobek gawang Everton untuk membawa Liverpool menang 2-0 di Stadion Anfield pada pekan ke-23 Liga Primer Inggris, Selasa (13/2/2023) dini hari WIB.

Kemenangan ini mengakhiri rekor buruk performa The Reds di Liga Primer Inggris. Sebelum tampil di edisi kedua Derbi Merseyside pada musim ini tersebut, The Reds tercatat tidak pernang menang dalam empat laga terakhir di arena Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Selama periode tersebut, Liverpool hanya mampu mengemas satu poin hasil dari satu kali imbang dan tiga kekalahan, termasuk saat menyerah, 0-3, di tangan Wolverhampton Wanderers. Selain raihan tiga poin pertama pada 2023, kemenangan atas Everton ini juga menandai sejumlah torehan baru, mulai dari catatan kemenangan Jurgen Klopp selama menukangi Liverpool, hingga gol debut Gakpo.

Berikut sejumlah rekor baru tersebut berdasarkan lansiran laman resmi Liverpool:

Kemenangan ke-250 Klopp sejak menukangi Liverpool

Klopp resmi menukangi Liverpool sejak 2015 silam. Sejak saat itu, pelatih asal Jerman itu telah memimpin Liverpool di 414 laga di semua ajang. Kemenangan atas Everton ini tercatat menjadi kemenangan ke-250 pelatih asal Jerman itu bersama Liverpool.

Eks pelatih Borussia Dortmund itu melampui sejumlah pelatih legendaris Liverpool terkait pelatih yang paling cepat mempersembahkan 250 kemenangan buat The Reds. Klopp melampaui torehan Bob Paisley (448 pertandingan), Bill Shankly (472 pertandingan), dan Tom Watson (539 pertandingan).

Kontribusi gol Salah di Stadion Anfield

Salah membuka keunggulan Liverpool atas Everton usai memanfaatkan umpan lambung dari Darwin Nunez pada menit ke-36. Gol ini mengantarkan Salah menorehkan rekor baru terkait kontribusi gol saat tampil di markas Liverpool di arena Liga Primer Inggris. 

Penyerang asal Mesir itu telah terlibat secara langsung dalam lebih dari 100 gol saat tampil di Stadion Anfield di pentas Liga Primer Inggris. Total, Salah telah mencetak 74 gol dan menorehkan 29 assist selama merumput di Stadion Anfield di arena Liga Primer Inggris. Dalam rekor ini, Salah hanya kalah dari legenda Liverpool, Robie Fowler dan Steven Gerrard.

 

Gol pertama...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement